MENU TUTUP

DPRD Riau Bawa 9 Truk CPO Hasil 'Razia' ke Gedung Dewan

Kamis, 28 Maret 2019 | 17:58:27 WIB
DPRD Riau Bawa 9 Truk CPO Hasil 'Razia' ke Gedung Dewan Sejumlah 9 truk CPO diamankan DPRD Riau

Pekanbaru - Sebanyak 9 unit truk pengangkut crude palm oil (CPO) terlihat terparkir di halaman DPRD Riau, Kamis (28/3/2019). Truk-truk tersebut sebelumnya ditahan DPRD Riau saat sidak ke Kabupaten Pelalawan Selasa lalu.

Anggota Komisi IV DPRD Riau Asri Auzar mengatakan, ditahannya truk tersebut merupakan hasil kerjasama dari DPRD, Dinas Perhubungan, dan Ditlantas Polda Riau. 

Penahanan truk tersebut karena diduga melakukan pelanggaran pidana berupa over dimensi over loading (ODOL). Sesuai dengan Pasal 277 UU No.22/2009.

"Awalnya ini dari permintaan lembaga DPRD untuk menindak truk yang over loading over dimensi, didasari atas maraknya kerusakan jalan yang terjadi akibat truk. Baik oleh truk pengangkut CPO, kayu dan batu bara," kata Asri Auzar, Kamis (28/3/2019).

Asri menjelaskan, Pemerintah Provinsi Riau sudah mengeluarkan uang Rp 1 Triliun untuk perawatan jalan setiap tahunnya. Karena itu Komisi IV DPRD Riau mengambil tindakan serius dengan mengundang rapat para instansi terkait termasuk pihak perusahaan.

"Itu dasar pengambilan tindakan ini. Setelah beberapa kali rapat bersama instansi terkait kami memutuskan untuk turun langsung ke jalan mengambil tindakan, bersama-sama dengan ditlantas, makanya seluruh barang bukti sementara dibawa ke DPRD Riau untuk diselidiki pihak Kepolisian dan juga Dishub," cakapnya lagi.

Lebih lanjut, ketua DPD Demokrat Riau ini meminta perusahaan yang masih melanggar, Asri menegaskan bahwa jalan yang dilewati truk tersebut bukan milik perusahaan namun merupakan milik bersama masyarakat Riau. Maka dari itu, ia meminta agar penggunaan truk over dimensi over loading dihentikan.

"Apalagi yang sangat kita sesalkan, banyak truk perusahaan yang menggunakan plat di luar Riau. Banyak plat BK. Mereka cari makan di sini, merusak jalan di sini, tapi uang pajak plat nya ke Medan (Sumatera Utara) sana. Bahkan hampir rata-rata truk mereka itu enggak punya KIR," tambahnya.

Tak hanya itu, penindakan truk over loading dan over dimensi akan terus dikawal DPRD. Pihaknya tidak ingin banyak jalan yang rusak karena operasional truk tersebut di Riau.

Untuk diketahui, bahwa penangkapan truk yang dibawa ke DPRD  ini berasal dari 3 TKP. Pertama di pabrik sawit PT SBL sebanyak 3 unit. Kemudian di jalan menuju sebuah perusahaan dan terakhir di dalam kawasan perusahaan yang dituju. Semuanya bertempat di Kecamatan Sorek, Kabupaten Pelalawan.

 

Sumber : cakaplah.com

Berita Terkait

Ketua DPRD Rohil Tinjau Pembangunan Kelenteng Ing Hok King

Pansus IV DPRD dengan OPD Rohil Hearing tentang Ranperda Pengelolaan Barang Milik Daerah

Ketua DPRD Rohil Inspektur Upacara Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan

Ini Langkah Konkret Golkar Riau Antisipasi Covid-19

Dinas Kominfo Kampar Raih Penghargaan dari KPP Pratama Bangkinang

TULIS KOMENTAR
TERPOPULER +
1

Raih Berkah Ramadhan, KONI Rohil Bagikan 500 Paket Takjil dan Buka Puasa Bersama

2

Tim Studi Kebidanan Univrab dan KPRS RSIA Zainab Lakukan Penyuluhan ASI Eksklusif di Posyandu Jalina

3

Kominfotiks Rohil Gelar Pertemuan Dengan Puluhan Organisasi Pers, Ini Yang Dibahas

4

Bupati Rohil Salurkan Bantuan Operasional Masjid Mujahidin Sungai Nyamuk

5

Bupati Rohil Serahkan Bantuan Operasional 3 Rumah Ibadah dan Klaim BPJS

6

DPD PPPI Provinsi Riau Lakukan Audiensi Dengan Pj Walikota Pekanbaru

7

Upaya Pemkab Kampar Tekan Angka Inflasi, Gelar Operasi Pasar Murah Di Bawah Harga Pasar.

8

Raih Piala Adipura, Pemkab Rohil Akan Adakan Kirab Piala Adipura Keliling Kota Bagansiapiapi

9

Cegah kerusakan ekosistim mangrove, Komisi IV DPR propinsi Riau tanggapi laporan

10

Pemkab Kampar Ikuti Rakor Perkembangan Penyelesaian Aset Bermasalah Tahun 2024 di Provinsi Riau