Pendidikan

Tujuh Putra Rohil Lolos Kuliah Di LN, GMB Minta Bantuan Baznas

GMB Rohil saat berkunjung ke kantor Baznas

Rohil (wawasanriau) --Sebanyak tujuh orang putra daerah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) mendapat kesempatan untuk kuliah di Luar Negeri (LN). Namun, ketujuh calon mahasiswa tersebut terkendala masalah dana. 

Mengetahui hal tersebut, Gerakan Muslim Bersatu (GMB) Rohil mengambil inisiatif untuk meminta bantuan kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Rohil. 

"Pada hari ini kita coba temui Baznas apakah adik-adik kita ini bisa menerima bantuan dari Baznas, karena tujuah orang adik kita yang lulus kuliah di luar negeri terkendala dana, "ungkap Ketua GMB Rohil Abdul Hasmi S.Pd didampingi sekretaris GMB Rio Almusata, Senin ( 24/6/2019).

Hasmi juga menerangkan, tujuh orang putra Rohil yang lulus untuk kuliah ke luar negeri tersebut akan menempati beberapa universitas diantaranya, Kazan Federal university (Rusia), Sakarya University (Turkey) serta Emir Abdelkader University (Aljazair).

Hasmi juga menambahkan, selain menemui Baznas, pihaknya juga akan menemui beberapa instansi untuk mencari solusi agar cita-cita tujuh calon mahasiswa tersebut bisa tercapai. 

Sementara itu, Bendahara Baznas Romiyati saat ditemui mengatakan, permintaan bantuan yang disampaikan kepada pihaknya akan di survey terlebih dahulu ke rumah masing-masing calon mahasiswa.

"Walaupun mereka termasuk dari salah satu 8 asnaf penerima zakat tentu harus dilihat dari latar belakang keluarga mereka, apakah layak dibantu oleh Baznas, "katanya.  

Romiyati juga menambahkan, permohonan bantuan itu tentu harus terlebih dahulu dirapatkan dengan ketua Baznas dan anggota yang lain.

Bendahara GMB Rio Almusata,S.Sos menambahkan, pihaknya hanya menjembatani para calon mahasiswa yang tergabung dalam yayasan anak negeri melalui pengkaderan anak Riau. 

"Insyallah kita akan mencoba mendatangi para alumni-alumni luar negeri untuk mencari informasi karena mereka yang sudah paham dengan program ini,semoga saja usaha mereka dan impian mereka berhasil untuk bisa kuliah di Luar Negeri,"pungkasnya. 

Penulis : sagala
Editor    : WR2/zmi


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar