MENU TUTUP

PT Sindora Bongkar Paksa Bendungan Tanggul Warga Bantayan Baru, Warga Kebanjiran

Ahad, 19 Desember 2021 | 09:10:02 WIB
PT Sindora Bongkar Paksa Bendungan Tanggul Warga Bantayan Baru, Warga Kebanjiran Kondidi tanggul pembatas antara masyarakat Bantayan Baru, Rohil dengan pihak perusahaan yang dijebol pihak PT.Sindora
 
BATU HAMPAR, WAWAWASANRIAU.COM -  Demi untuk menyelamatkan kebunnya dari limbah air, pihak Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit PT. Sindora Seraya Timber seenaknya  tanpa seizin masyarakat dan pemerintah setempat telah membobol dan membongkar tanggul penahan air yang dibuat masyarakat Bantayan Baru Kecamatan Bantayan Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau, Sabtu (18/2/2021).
 
Hasil pantauan media dilapangan bahwa bendungan tanggul air yg di buat secara manual dengan tenaga gotong royong untuk mengatasi banjir diareal pertanian warga Bantaian Baru tersebut sudah di bongkar paksa dengan alat berat.
 
Salah seorang warga yang menyaksikan pihak perusahaan membongkar tanggul pembatas saluran masyarakat menggunakan alat berat dilapangan, Samsurizal  (50) mengatakan sekitar pukul 16: 00 WIB sore, saat sedang bekerja nelepah sawit di kebunnya ia mendengar alat berat excavator sedang bekerja. Karena penasaran akhirnya ia mendatangi asal suara alat berat tersebut dan ternyata sedang membongkar tanggul bendungn air yang dibangun warga .
 
"Sekitar jam empat sore, waktu itu saya sedang dikebun ngelepah sawit ada mendengar suara alat berat bekerja. Lalu saya datangi, ternyata Beko itu sedang membongkar bendungan air yang dibangun warga Bantayan Baru sebagai pencegah banjir kiriman dari PT.Sindora," kata Samsurizal.
 
Lanjutnya, saya sudah menegur operator alat berat tersebut agar  menghentikan kegiatannya untuk tidak membongkar bendungan jika belum da izin dari masyarakat dn pemerintah setempat. Namun operator alat berat tersebut mengatakan sudah ada izin dari masyarakat dan pemerintah setempat. " terangnya.
 
"Tapi operator  itu mengatakan " sudah ada izin dari masyarakat, apa bapak tidak ikut rapat kemarin jawaban operator Beko di Kantor Camatmengatakan ini sudah dapat izin dari masyarakat apa bapak tidak ikut rapat kemaren dikator Camat," ujar Samsurizal menirukan bahasa operator alat berat yang belum diketahui namanya tersebut.
 
Saat dikonfirmasi kepada Camat Batu Hampar,  Ahmad Sholeh atas apa yang disampaikan operator excavator tersebut , apakah benar telah ada rapat antara Camat, Penghulu, utusan masyarakat dan pihak PT Sindora Seraya terkait pembongkaran bendungan tanggul air tersebut ternyata tidak ada.
 
" Tidah benar kalau ada pertemuan antara Camat, Penghulu dengan pihak PT.Sindora dan masyarakat  terkait penjebolan bendungan yang di buat warga,  itu bohong,"  kata Camat Batu Hampar, Ahmad Sholeh saat dihubungi melalui telepon selulernya.
 
Ahmad Sholeh juga membenarkan adanya melakukan  koordinasi dengan saudara Ronal dari pihak PT  Sindora Seraya terkait pencucian sungai Bantayan dalam beberapa hari kedepan yang akan di lakukan oleh pihak PT SS. Hal itu merupakan usulan Camat dan para Datuk penghulu, namun sebagai antisipasi dilapangan pihaknya  berupaya juga koordinasi dengan pihak masyarakat terkait adanya bendungan yang dibuat oleh masyarakat untuk mengantisipasi banjir. Akan tetapi  masyarakat menolak untuk membuka  bendungan tersebut.
 
" Kalau berkoodinasi dengan saudara Ronal dari pihak PT.Sindora untuk pencucian sungai Bantayan ada, tapi untuk pembongkaran bendungan yang dibangun warga itu tidak benar. Karena saya sudah berkoordinasi dengan warga, namun warga tidak mau bendungan tersebut dibongkar, jadi bohong kalau dikatakan sudah ada izin dari saya," ungkap Camat yang akrab dipanggil Sholeh ini.
 
Setakat ini, permasalahan masyarakat Bantayan Baru dengan pihak perusahaan PT Sindora Seraya terus saja bergulir tanpa ada penyelesaiannya. Masyarakat berharap kepada Pemerintah Daerah maupun DPRD Rohil dapat menyelesaikan permasalahan masyarakat tanpa harus ada aksi demonstrasi. ( fik)
Berita Terkait

Agus Rono Butuh Perhatian Pemkab Rohil

Chevron Serahkan Bantuan 37 Kambing ke Kelompok Peternak

Spanduk Penggiat Anti Korupsi Rohil Terpajang Dikantor Kejati Riau, Desak Tuntaskan Kasus Pedamaran

Bupati Rohil dan Sahabat MSP Bagi Bagi Masker, Kaos dan Takjil

Pantau Proses Pilpeng, Bupati Rohil Ajak Masyarakat Dukung Penghulu Terpilih

TULIS KOMENTAR
TERPOPULER +
1

Kep. Baganjawa Pesisir Gunakan Rp114 Juta DD Untuk Lingkungan Dan Rp97 Juta Untuk BLT

2

Didukung Ulama Besar, Pebriyan Winaldi Yakin 99% Diusung KIM

3

Bupati Rohil Hadiri Upacara Peringatan HUT Bhayangkara ke-78

4

HUT Bhayangkara Ke-78, Kapolres Rohil Dapat Kado Kue Dari Bupati dan Dandim 0321

5

BPJS Tenaga Kerja Rohil Serahkan Santunan Kepada Ahli Waris Pegawai Non ASN Yang Meninggal

6

PPK KAMPAR Laksanakan Pelantikan Terhadap PPDP/Pantarlih Terpilih

7

KPU Kampar Gelar Coffe Morning dengan Insan Pers, Ini Targetnya

8

Kadis LH Suwandi Turun Langsung Bersih Bersih Kota Bagansiapiapi

9

Tiga Program Pemanfaatan Dana Desa Parit Aman, Katahanan Pangan, Fisik dan BLT

10

Buntut dari Dugaan Penyerobotan Tanah Di Labusel, Saksi SY Melaporkan Anak SU terkait Pengrusakan