MENU TUTUP

Masyarakat Miskin Non PKH di Rohil Dapat Paket Sembako

Kamis, 02 April 2020 | 20:28:24 WIB
Masyarakat Miskin Non PKH di Rohil Dapat Paket Sembako

BAGANAIAPIAPI, wawasanriau.com - Rapat bersama pemerintah Kabupaten Rokan Hilir yang memaparkan masalah kebutuhan-kebutuhan dalam penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid 19). Demikian hal ini dijelaskan ketua Baznas H.Baharuddin yang disampaikan oleh wakil ketua I bidang pengumpulan Baznas, Saiful Hotma Panjaitan ketika ditemui journalis wawasanriau.com di Mess Pemda Gedung Batu Hampat Jalan Perwira Bagansiapiapi, Kamis (02/04/2020).

"Hadiri Rapat untuk memberikan berupa bantuan kepada masyarakat dalam bentuk sembako,"jelasnya.

Selain Pemda Rohil, kata Ia, Baznas Rohil juga ikut memberikan bantuan dalam bentuk sembako dengan total sekitar Rp1,7 Miliar rupiah.

"Jadi kalau paket sembako itu untuk kecamatan Bangko saja. Bantuan sembako itu arahan dari pak bupati, khusus kecamatan Bangko itu ada sekitar tiga ribu paket sembako,"tuturnya. 

Kemudian Baznas memberikan bantuan Rp 50 juta kesetiap kecamatan di Rokan Hilir (Rohil) namun bukan bentuk uang tunai, melainkan di aplikasikan dalam bentuk sembako.

"Isi paket sembako dari pemerintah begitu juga sama dengan isi sembako dari Baznas,"ujarnya.

Bentuk satu paket sembako tersebut ada berupa beras sepuluh kilo, gula satu kilo, minyak goreng satu liter, satu kotak mie instans dan telur satu papan. 

"Jadi Baznas sama pemerintah dalam pelaksanaannya sama, cuma mungkin nanti kalau pemerintah dia bikin logo pemerintah. Jika nanti Baznas kita buat logo Baznas. Namun pelaksanaan distribusi ke lapangan kita sama-sama,"ucapnya.

Sesuai arahan dari pak bupati tadi, kata Ia, masyarakat yang wajib menerima adalah masyarakat yang di luar PKH. Berarti masyarakat miskin yang diluar PKH.

"Bagi penerima PKH tidak dapat lagi bantuan sembako ini karena PKH sudah dapat rutin setiap bulan dan dia dapat BPNT, bantuan pangan non tunai dalam bentuk sembako juga,"katanya.

Dikatakannya pemerintah daerah Rohil melalui dinas sosial dan Baznas akan bersinergi dan bupati Rohil sudah memerintahkan kepada camat melalui lurah dan penghulu, ketua RT agar segera mendata masyarakat yang memang betul-betul mustahik atau masyarakat yang wajib mendapatkan bantuan ini.Karena itu merupakan sasaran bantuan sembako tersebut.

"Jadi harapan kita biar tepat sasaran. Karena mungkin ada masyarakat yang belum sama sekali terjamah oleh bantuan dari pemkab Rohil ataupun dari Baznas. Kita bukan memilah. Karena kalau sudah termasuk PKH berarti dia sudah mendapat PKH setiap bulan BPNT. Kalau kita tidak cros cek tentu nanti dapat bantuan PKH, dapat juga bantuan Pemda, dapat juga dari Baznas. Jadinya tertumpuk kepada seseorang bantuan tersebut. Sementara ada masyarakat yang belum terjamah sama sekali. Jadi pendistribusiannya paling lama seminggu sebelum puasa,"bebernya.(gun)

Berita Terkait

Bupati Rohil Suyatno : Honorer Pemkab Rohil Dirumahkan Sementara

39 Personil Bintara Polres Inhu Terima Kenaikan Pangkat

Dandim 0321 Rohil Hadiri Rapat Evaluasi Penanganan Covid-19

Baut Pengikat dan Siku Penahan Besi Jembatan Parit Sicin Kec.Bangko Hilang Digondol Maling

Pengurus DPC AJOI Bengkalis Periode 2018- 2022 Resmi Dikukuhkan

TULIS KOMENTAR
TERPOPULER +
1

Ingin Membangun Kampung, Abu Khoiri Nyatakan Maju Sebagai Bupati Rohil

2

Diduga Anak Tiri Serobot Lahan, Wanita Inisial N Datangi Ilham dan Suherdi Mencari Keadilan

3

Maju Pilkada, Mantan Wakil Bupati Rohil Daftarkan Diri ke PDI P Rokan Hilir

4

Tak Maju Pilgubri, Bupati Afrizal Sintong Ingin Fokus di Rohil

5

Ditaklukkan Uzbekistan 2-0, Timnas Indonesia Terhenti di Babak Semifinal PIala Asia U-23

6

Repol Kembalikan Formulir Bakal Calon Bupati ke DPC PKB Kampar dengan Batik Hijaunya

7

Panen Raya Melon, Bupati Bengkalis Ajak Petani Kelola Lahan Pekarangan Secara Optimal

8

Sugianto alias Toke Baut Bagi -bagi Sembako Kepada 2000 Warga Bagansiapiapi

9

Bawaslu Kabupaten Kampar Akan Membuka Pendaftaran Anggota Panwaslu Kecamatan

10

Ini Himbauan Bawaslu Kampar kepada KPU Kampar dalam Pembentukan Badan Adhoc