Sosbud

Dandim Rohil Diberi Gelar Datuk Paduko Setio Rajo

BAGANSIAPIAPI(WRC) - Kedatangan Komandan Kodim (Dandim) 0321 Letkol Inf Muhammad Erfani SH MH (Han) di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) menggantikan Dandim lama, mendapatkan sambutan hangat dari pemerintah daerah (Pemda) Rohil.

Selasa (25/1/2022) Dandim Erfani beserta istri disambut secara adat oleh Bupati Rohil Afrizal Sintong dan istri Sanimar Afrizal di halaman mess Pemda Rohil. 

Turut hadir dalam penyambutan itu, wakil bupati Rohil H Sulaiman, Kapolres Rohil Nurhadi Ismanto, Ketua DPRD Rohil Maston, Forkompinda, Lembaga Adat Melayu (LAM) Rohil, kepala dinas dan tokoh masyarakat Rohil.

Pada kesempatan itu, Dandim Erfani diberikan gelar adat oleh LAM Rohil dengan gelar Datuk Paduko Setio Rajo. Pemberian gelar adat dan penabalan adat ini ditandai dengan pemasangan salempang dan tanjak oleh Ketua LAM Rohil Wazirwan Yunus bersama ketua Kerapatan Adat Melayu Nasrudin Hasan.

Usai penabalan gelar adat, Dandi Erfani juga diberikan tepuk tepung tawar dimulai dari Rohil Afrizal Sintong kemudian diikuti oleh Ketua PKK Rohil Sanimar Afrizal, Wakil Bupati H Sulaiman, Ketua DPRD Maston, Kapolres Rohil Nurhadi Ismanto, serta tokoh Melayu Rohil lainnya.

Atas gelar adat itu, Dandim 0321 Rohil merasa tersanjung kerena baru beberapa hari bertugas sudah mendapatkan sebuah kehormatan yang tinggi dari lembaga adat Melayu Rohil. 

"Sebenarnya saya takut menerima gelar adat ini, tapi saya akan berusaha untuk menjaga amanah yang diberikan ini kepada kami," ungkap Erfani.

Untuk melaksanakan tugas kedepannya, Dandim meminta kepada Pemda Rohil dan seluruh Forkompinda untuk memberikan bantuan dan masukan agar kedepannya bisa sama-sama melaksanakan pembangunan di Rokan Hilir. 

"Kami hanya sementara sementara bertugas disini, makanya kami minta izin masuk untuk mengabdi di Rohil, kalau ada hal yang kurang sesuai mohon disampaikan langsung agar kami benahi lagi," paparnya.

Sementara itu Afrizal Sintong juga memberikan apresiasi kepada LAM Rohil yang senantiasa menjaga adat budaya melayu salah satunya dengan memberikan gelar adat kepada Dandim 0321.  

"Pemberian gelar adat ini supaya pak Dandim merasa bagian dari warga Rokan Hilir, makanya kemarin kami rapat bersama LAM dan majelis tinggi kerapatan adat Melayu untuk memberikan gelar ini," ungkap Afrizal.

Bupati berharap dengan kedatangan Dandim yang baru ini dapat bekerjasama dengan Pemda Rohil untuk melanjutkan program pembangunan pembangunan pemerintah seperti penanganan Covid19, penanganan Karlahut dan program lainnya.

"Kami mengucapkan selamat datang kepada Dandim 0321, semoga dapat bersinergi dengan Pemda karena banyak tugas yang kita selesaikan. Saya yakin dengan semangat kebersamaan, semua tugas berat yang kita hadapi akan dapat terselesaikan dengan baik," tandasnya. (Adv/zmi)


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar