Gagasan

Dukung Program Ketahanan Pangan Rohil, Kepenghuluan Rokan Baru Pesisir Canangkan 200 Ha Lahan Pertan

Datuk Penghulu Kepenghuluan Rokan Baru Pesisir, Edy Sujarwo
ROKAN BARU PESISIR -  Kepenghuluan Rokan Baru Pesisir Kecamatan Pekaitan Kabupaten Rokan Hilir setakat ini sudah mencanangkan 200 Hektar lahan pertanian padi guna mendukung program ketahanan pangan Kabupaten Rokan Hilir, Riau.
 
"Alhamdulillah, saat ini Kepenghuluan Rokan Baru Pesisir sudah mencanangkan sekitar 200 Hektar lahan pertanian padi untuk ketahanan pangan Rokan Hilir," kata Penghulu Rokan Baru Pesisir, Edy Sujarwo saat dikonfirmasi , Rabu (27/10/2021).
 
Lanjutnya, " sebagai upaya agar lahan pertanian ini kedepannya tidak beralih fungsi, pihak Kepenghuluan akan membuat peraturan desa (Perdes) tentang areal pertanian dan palawija Kepenghuluan Rokan Baru Pesisir," ungkapnya.
 
Edy Sujarwo menceritakan bagaimana perjuangan dirinya dalam mengajak masyarakat nya untuk membuka kembali areal pertanian untuk bercocok tanam padi di Kepenghuluan Rokan Baru Pesisir yang sudah lama ditinggalkan. Karena selama ini sebahagian besar masyarakat Kepenghuluan Rokan Baru Pesisir lebih menekuni pekerjaan berkebun sawit. Namun berkat dukungan dari berbagai pihak terutama Babinsa Rokan Baru Pesisir dan Kodim 0321 Rohil yang terus melakukan pembinaan, upaya membuka kembali areal pertanian padi di Kepenghuluannya membuahkan hasil.
 
"Awalnya saya mencanangkan sekitar 40 Hektar sawah untuk pertanian padi, namun hanya sebahagian kecil saja masyarakat yang mau. Walaupun sedikit yang berminat namun saya terus mensosialisasikan kepada masyarakat tentang pentingnya program ketahanan pangan di Kepenghuluan ini, apa lagi lahannya ada," terang Edy Sujarwo.
 
"Alhamdulillah setelah nampak hasilnya dari pertanian padi ini, lambat laun masyarakat mulai berminat untuk bercocok tanam padi. Dan sekarang malah masyarakat kekurangan lahan untuk bertanam padi," bebernya.
 
Saat ini dikatakan Edy Sujarwo bahwa areal pertanian padi yang dicanangkan untuk ketahanan pangan sudah mencapai sekitar 200 hektar dibawah pembinaan Kodim 0321 Rohil. Selain pertanian padi, Pemerintah Kepenghuluan Rokan Baru Pesisir juga memprogramkan wisata sawah dengan membangun satu pondok dan kolam ikan setiap dua hektar sawah dengan satu pohon pelindung.
 
Edy Sujarwo juga berharap kepada Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir dapat membantu program ketahanan pangan daerah ini dengan membangun infrastruktur jalan dan jembatan yang masih minim di Kepenghuluannya.
 
"Kami berharap kepada Pemda Rohil untuk dapat membangun infrastruktur jalan dan jembatan terutama jalan poros dan jalan produksi di Kepenghuluan Rokan Baru Pesisir. Jika jalan poros dan jalan Produksi bagus maka pendistribusian hasil pertanian akan lancar," harapnya. (Irwan)


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar