Lancang Kuning

Bersama Gubri, Danrem 031/WB Hadiri Panen Raya Padi Ketahanan Pangan Kodim 0321/Rohil

Gubernur Riau, Danrem 031/WB, Waka Polda Riau, Dandim 0321/Rohil, Kajari Rohil, Sekda Rohil, Kapolres Rohil saat panen raya padi

 

Rohil (wawasanRiau) -- Gubernur Riau Drs Syamsuar bersama Danrem 031 /WB 
Brigjend TNI M. Syech Ismed SE.M.Han serta  Waka Polda Riau Brigjend Pol Drs Tabana Bangun hadiri panen raya padi program ketahanan pangan Pemda Rohil dan Kodim 0321/Rohil, Kamis (10/9/2020).

Kegiatan panen raya program ketahanan pangan tersebut berada di Kepenghuluan Rokan Baru Pesisir, Kecamatan Pekaitan.

Dandim 0321/Rohil Letkol Arh Agung Rakhman Wahyudi SIP M I Pol dalam laporannya mengatakan, lahan padi yang akan dipanen ada seluas 133 hektar. Panen ini lanjutnya, merupakan panen yang kedua kalinya.

Lahan tanah beting ini seluas 714 hektar merupakan milik Pemerintah yang terbagi dalam dua kecamatan yakni bangko pusako dan kecamatan pekaitan,"katanya.

Lahan ini sebutnya, dikelola secara swadaya dengan buka lahan tanpa membakar. Bahkan, padi yang ditanam juga tanpa menggunakan pupuk kimia.

Dandim menambahkan, lahan ketahanan pangan tersebut ditargetkan 600 hektar akan tercapai pada tahun 2021 mendatang. Ia meminta dukungan anggara dari pemerintah daerah maupun provinsi dalam mewujudkan program ketahanan pangan tersebut.

"Harapan kami lahan ini bisa jadi percontohan yang dapat di kembangkan di daerah aliran sungai rokan,"sebutnya.

Danrem dalam sambutannya mengatakan, program ketahanan pangan merupakan wujud kemanunggalan tni bersma rakyat dan pemerintah daerah. Sehinga, sinergitas yang di bangun dalam pengelolaan lahan pertanian yang di rintis dari kondisi awal ada seluas 133 hektar menunjukkan hal yang sangat luar biasa.

"Lahan padi ini merupakan lahan percontohan terhadap tanah beting yang banyak muncul disepanjang sungai Rokan dan tanah nya juga subur,"cakapnya.

Selaku Komandan Korem lanjutnya, mengaku sangat bangga dan mengucapkan terimakasih kepada Dandim 0321/Rohil, kelompok tani, Pemerintah Daerah, Polri serta seluruh elemen yang telah berhasil dalam menjalankan program ketahanan pangan tersebut.

"Laksanakan terus pendampingan sehingga target yang akan dicapai dapat terwujud, Korem akan senantiasa melaksanakan pendampingan,"paparnya.

Selain program ketahanan pangan katanya lagi, Korem melalui Kodim juga ada program unggulan yakni, Babinsa bersama bapak angkat membantu UMKM (Berbakat) serta Babinsa berbagi kuota internet (Berkibar).

Sementara itu, Gubernur Riau dalam sambutannya mengatakan, beberapa waktu lalu pihaknya telah mengajak Bupati dan Wali Kota untuk bersama melakukan gerakan ketahanan pangan.

"Hal ini bertujuan untuk menjaga ketahanan pangan dampak dari covid-19 yang tengah melanda saat ini,"katanya.

Gubernur memberikan apresiasi atas program ketahanan pangan yang di motori Kodim 0321/Rohil. Menurutnya, panen raya ini merupakan satu keberhasilan dari kerja keras yang dilakukan.

Pemerintah provinsi tambahnya, akan senantiasa memberikan dukungan baik dari segi anggaran maupun peralatan.

"Kami bangga atas ketahanan pangan yang di gagas kodim 0321 Rohil, kedepan tingkatkan lagi dengan sinergitas seluruh unsur yang ada,"pungkasnya.

Kegiatan panen raya tersebut juga dihadiri Sekda Rohil HM Job Kurniawan, Kajari Rohil Gaos Wicaksono, Kapolres Rohil AKBP Nurhadi Ismanto, beberapa kepala dinas, Camat, penghulu serta masyarakat.

Penulis : sagala
Editor : zmi


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar