Lancang Kuning

Upacara Memperingati Hari Kesaktian Pancasila di Rohil Berjalan Hikmat Walaupun Diguyur Hujan

Pemkab Rohil dengan hikmat memperingati Hari Kesaktian Pancasila walaupun kondisi cuaca hujan deras.
 
BAGANSIAPIAPI (WRC) - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) menggelar upacara peringatan hari kesaktian Pancasila Tahun 2022 yang dipusatkan di depan kantor BPKAD, Jalan Merdeka, Bagansiapiapi, Sabtu (1/10/2022) berjalan hikmat walaupun diguyur hujan.
 
Dalam upacara hari kesaktian Pancasila tersebut, Bupati Rokan Rohil Afrizal Sintong secara langsung bertindak Inspektur upacara. Sementara pemimpin upacara dijabat oleh Pasi Ops Kodim 0321 Rohil Lettu Arh Yulisman.
 
Turut hadir dalam upacara tersebut yakni Sekda Rohil Feri H Parya, Dandim 0321 Rohil Letkol Inf M Erfani SH M.Tr, Kapolres Rohil AKBP Andrian Pramudianto, Kasi Datun Kejari Rohil Irvan Rahmadani Prayoga, anggota DPRD Rohil, beberapa kepala OPD dan berbagai unsur lainnya. 
 
Bupati Rohil Afrizal Sintong menyebutkan, setelah menghadapi berbagai tantangan, hari ini kita memperingati hari kesaktian Pancasila di tengah upaya menggalang kekuatan untuk bangkit dan pulih.
 
Para pendiri bangsa Indonesia mencetuskan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa dan sejak kelahirannya sampai hari ini Pancasila adalah kekuatan kita untuk berjuang membangun cita-cita kita.
 
Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang dilaksanakan setiap tahun, bertujuan untuk meneguhkan komitmen masyarakat untuk lebih mendalami, lebih menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila.
 
Selain itu Pancasila menjadi pengingat bahwa di tengah semua situasi dan kondisi, kedaulatan Indonesia berdasar pada keadilan sosial dan persatuan seluruh lapisan masyarakat. 
 
"Oleh karena itu, merefleksikan kembali nilai-nilai Pancasila pada hari ini merupakan awal yang baik untuk menyatukan cita-cita dan langkah kita ke depan," katanya.
 
Peringatan Hari Kesaktian Pancasila lanjutnya, perlu di jadikan momentum untuk merefleksikan hal-hal yang telah dan harus di lakukan untuk menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang tangguh di masa kini dan bangsa yang tangguh di masa yang akan datang. 
 
"Dalam hal ini Pancasila akan berperan sebagai titik berangkat sekaligus tujuan pembangunan bangsa dan negara kita," sebutnya. 
 
Kebangkitan dan kemajuan bangsa kita dari pandemi tambahnya, ditentukan oleh kemerdekaan anak-anak Indonesia untuk mengembangkan potensinya sendiri dengan kemampuan dan panggilan hatinya.
 
Selanjutnya kemerdekaan dalam belajar, berkarya, kemerdekaan dalam berbudaya akan melahirkan generasi pelajar Pancasila, yaitu sosok pembelajar sepanjang hayat, yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berkebhinekaan Global, mampu bergotong-royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.
 
Para pelajar Pancasila Itulah yang akan meneruskan estafet pembangunan Indonesia yang berkelanjutan dan berkeadilan di masa depan.
 
"Kepada semua masyarakat Indonesia khususnya Kabupaten Rohil saya ucapkan selamat memperingati Hari Kesaktian Pancasila, dengan nilai-nilai Pancasila yang menyertai langkah kita, mari membangun Indonesia yang lebih tangguh, lebih inklusif dan lebih mencerdaskan," paparnya. 
 
Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua peserta upacara yang telah hadir dan tetap semangat meski di.  guyur hujan. (**)
 
 
 
 
 


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar