Lancang Kuning

Tangani Covid 19, Rohil Terima Bantuan Bahan Medis Habis Pakai

BAGANSIAPIAPI, wawasanriau.com  - Ada beberapa bantuan bahan medis terkait penanganan Corona Virus Diseases 2019 (covid 19) yang diberikan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi Riau kepada Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil). Demikian hal ini dikemukakan oleh juru bicara tanggap covid-19, H.Ahmad Yusuf di ruang media center tanggap Covid-19 gugus tugas Rokan Hilir (Rohil) Jalan Perwira No.1 Bagansiapiapi, Rabu (01/04/2020). Ia didampingi Plt Kadis Kominfotiks Hermanto S.Sos dan Kasubbag DokPim Hasnul Yamin SE

"Kita menerima beberapa item. Ada BMHP (bahan medis habis pakai). Untuk rumah sakit umum Dr RM Pratomo.yang kita terima beberapa itemnya saya pun tidak ingat secara keseluruhan tapi sangat sedikit sekali,"katanya.

Kata ia, bantuan itu diantaranya  APD (alat pelindung diri) hanya 50 set untuk rumah sakit umum kemudian rapid test 520 piece (seperti yang disampaikan kemaren 500,red) merupakan bantuan dari provinsi Riau.

"Jadi 520 piece itu sudah dialokasikan untuk rumah sakit sebanyak 20 piece, sisanya akan kita distribusikan dan akan kita teruskan. Sudah kita alokasikan kemasing-masing Puskesmas. Tinggal penjemputan dari masing masing Puskesmas,"ujarnya.

Sebut dia, jikalau ditekankan ini (rapid tes,red) untuk prioritasnya pemeriksaan pada tenaga medis sebagai garda terdepan, tapi mengingat keterbatasan jumlah, kata ia, mungkin prioritas utama ditetapkan untuk ODP.  Kalau ditemukan ODP yang bergejala oleh tim. Karena ini menjadi hal mendesak yang sangat penting. 

"Namun demikian untuk pemesanan (logistik alat medis,red) yang diperintahkan oleh pak bupati Rokan Hilir tetap kami proses,"jelasnya.

Namun pemesanan (logistik alat medis,red) tersebut, tambah ia, persoalannya sekarang logistik APD, masker kemudian beberapa logistik lainnya pada saat ini diserbu oleh konsumen. Sehingga penyedia kewalahan dalam menyiapkannya.

"Tetapi kita tetap melakukan upaya dengan berbagai cara sesuai dengan mekanisme yang ada dengan tidak mencampuri aturan-aturan yang telah ditetapkan sehingga bagaimana Rokan Hilir agar cepat mendapatkan kebutuhan-kebutuhan yang kita inginkan dalam rangka menangani covid 19 ini,"tandasnya. (gun)


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar