Lancang Kuning

Suyatno: Informasikan Warga Pulang Dari Malaysia Cara Illegal

BAGANSIAPIAPI,wawasanriau.com - Bupati kabupaten Rokan Hilir (Rohil) mengingatkan kepada masyarakat agar mengikuti himbauan pemerintah dalam upaya pencegahan penyebaran Corona virus disease 2019 (Covid-19). Demikian hal ini ditegaskannya ketika seusai melaksanakan video telekonference dengan Gubri di Mess Pemda Gedung Datuk Batu Hampar di Jalan Perwira No.1 Bagansiapiapi, Senin (30/03/2020).

"Saya mengingatkan sekali lagi kepada seluruh masyarakat, karena ini penting, saya sampaikan seluruh warga masyarakat Rokan Hilir untuk patuh dengan aturan yang sudah disampaikan oleh pemerintah pusat, presiden RI, gubernur Riau yang sifatnya himbauan, mengajak kepada masyarakat untuk tidak lagi berkumpul-kumpul di tempat tempat umum seperti kedai kopi, cafe dan lain sebagainya. Hindarilah, apalagi bersalaman. Karena virus corona ini sangat cepat sekali menjalar ke tubuh manusia,"bebernya Suyatno.

Ia menjelaskan agar mengikuti saran pemerintah dan para dokter dalam melakukan komunikasi agar mengatur jaga jarak lebih kurang dua meter (sosial distancing).  Hal ini, kata Ia, harus di waspadai karena jika masyarakat tidak patuh terhadap himbauan pemerintah ini maka daerah akan sangat rawan.

"Mudah-mudahan tidak terjadilah di Rokan Hilir, tentunya juga di provinsi Riau dan Indonesia,"tuturnya.

Dalam kesempatan ini, orang nomor satu di Rohil ini mengharapkan kerjasama semua pihak, baik media, masyarakat, ketua RT maupun pemerintah, TNI dan Polri jika ada warga yang pulang dari Malaysia agar dapat menginformasikan ke petugas kesehatan ataupun puskesmas terdekat.

Dikatakannya, kalau warga yang datang melalui Dumai  sudah terdeteksi tapi yang melalui pelabuhan tikus ini yang sangat bahaya. 

"Karena mereka tidak terdaftar, tidak terawasi, tidak terkontrol apakah dia membawa virus Corona atau tidak. Sekali lagi saya menghimbau kepada masyarakat agar jangan membuat sesuatu yang tidak baik. Apalagi berita hoack. Kemudian masyarakat diharapkan ikut juga bersama pemerintah untuk mengawasi dan mewaspadai lingkungan tempat tinggal masing-masing. Mudah-mudahan wabah Corona ini jelang puasa sudah tidak ada lagi,"tandasnya Suyatno kemudian. (gun)


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar