Pendidikan

Mahasiswa UNRI Sosialisasikan Hidroponik Bersama Ibu PKK Baturijal Barat Inhu

WAWASANRIAU.com - 11 Mahasiswa fakultas Universitas Riau (UNRI) bersama tim Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Bajurijal Barat Kecamatan Peranap Kabupaten Indragiri Hulu (INHU) melakukan sosialisasi Hidroponik, Senin (05/08/2019) kemaren. 

Ketua PKK Desa Baturijal, Lenika Florida, turut hadir mendampingi sejumlah mahasiswa yang melakukan kuliah kerja nyata (Kukerta) didesanya tersebut. 

Ira Yesica, selaku ketua pelaksana kegiatan menyebutkan bahwa kegiatan ini ditaja sebagai bentuk sosialisasi mengenai solusi kepada ibu-ibu rumah tangga yang ingin menanam sayur -sayuran namun tidak memiliki lahan yang luas dengan perawatan mudah.

Pantau dilapangan, sejumlah mahasiswa itu langsung mempraktekkan bagimana cara yang benar proses hidroponik penanaman sayuran dilingkungan rumah yang secukupnya. Hal itu dilanjutkan oleh ibu -ibu rumah tangga dalam praktek sosialisasinya. 

Dijelaskan, bahan-bahan yang digunakan yaitu, (1). Pakcoy (sawi) tanaman yang akan di tanam, (2). Styrefoam dan botol aqua wadah untuk penanaman pakcoy. (3). Kain flannel dijadikan sebagai sumbu, (4). Rockwool sebagai media pengganti tanah (5). Netpot merupakan pot dari sumbu dan rockwool, (6). Air, (7), Nutrisi.

Kegiatan ini juga bertujuan dalam pemanfaatan halaman rumah yang sempit dan pemanfaatan botol bekas. (Khansa).


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar