Wujudkan Masyarakat Sejahtera

Bapemas Rohil Gelar Lomba Inovasi TTG

Kepala Bapemas Rohil, Murniwati poto bersama peserta TTG

BAGANSIAPIAPI, Wawasanriau.com - Dalam rangka mewujudkan masyarakat yang sejahtera, layak dan terjamin kehidupan yang bermartabat dan bermarwah Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapemas) Kabupaten Rokan Hilir, Riau menggelar lomba inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG).

Kegiatan ini diikuti sebanyak 18 peserta yang berasal dari masyarkaat, mahasiswa dan juga anak sekolah, dimana lomba ini sebagai bentuk tanggung jawab dan kepedulian serta penghargaan pemerintah terhadap masyarakat yang mempunyai kreasi, inovasi TTG yang ramah lingkungan.

Kepala Bapemas Rohil Hj Murniwati mengatakan, pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan pengembangan TTG sebagaimana yang telah diamanatkan dalam instruksi Presiden RI nomor 3 tahun 2001 tentang penerapan dan pengembangan TTP dan peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 20 tahun 2010 tentang pemberdayaan masyarakat melalui pengelolaan TTG sangat sesuai dengan salah satu misi pembangunan daerah yang tercantum dalam rencana pembangunan jangka panjang.

"Memang kegiatan ini baru pertama kali dilakukan, namun dari hasil lomba sebagian besar peserta antusias dan ini akan terus kita bina sehingga kedepan mereka lebih kreatif," kata Murniwati, Kamis (10/9) di Bagansiapiapi.

Menurutnya lomba inovasi TTG tersebut sangat tepat dilakukan yang tujuannya tidak lain untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera.

"Melalui kegiatan ini masyarakat diharapkan tidak lagi harus menggantungkan program dari pemerintah daerah namun mereka juga berperan aktif untuk menciptakan dan mengembangkan segala kreasi, inovasi yang mempunyai prospek bisa dimanfaatkan dan didayagunakan dalam upaya pengembangan kegiatan usaha ekonomi kreatif dan produktif yang berbasis pada kearifan lokal dan potensi unggulan daerah dengan memanfaatkan kandungan lokal yang ramah linkungan," harapnya.

Adapun tim penilai dalam lomba tersebut berasal dari dosen Teknisi Universitas Islam Riau (UIR) Ir. Syawaldi, M.Sc dan Kadin Propinsi Riau Ir. Siswo Pranoto, MT.

Untuk juara I Rp15 juta diraih oleh Siswa SMAN 2 Rimba Melintang Hari Sumantri dengan Judul Inovasi TTG yakni Teknologi Anak Solusi Untuk Air Gambut dengan. Sementara juara II Rp12,5 juta diraih Siswa SMAN 1 Bangko atas nama Nurfadhilah Utami dengan judul Inovasi TTG Bunga Lidah Mertua Seebagai Penangkal Radiasi. Sedangkan juara III Rp10 juta diraih siswa SMKN 1 Rimba Melintnag atas naam Ayu Sri Wahyuni dengan judul Inovasi TTG Induksi Pembuangan Durian Diluar Musim Menggunakan Paklobutrazol dan Etaphon.(adv/humas).


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar