Pendidikan

Tiga Mts di Rohil Raih Penghargaan Adiwiyata

ilustrasi foto.net

BAGANSIAPIAPI,Wawasanriau.com - Tiga Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) meraih penghargaan Adiwiyata tahun ini. Adiwiyata merupakan penghargaan yang diberikan Kemeterian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) kepada sekolah yang berwawasan lingkungan.

Demikian dikatakan Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Rohil, H Agustiar SAg di Bagansiapaipi, Jumat (22/7/2016). Tiga madrasah itu  adalah MTs Yahuda Kecamatan Rimba Melintang, MTs Syakirin Balam Sempurna Kecamatan Bangko Pusako, dan MTs Annur Kecamatan Bagan Sinembah.

"Penghargaan ini perdana diterima satuan pendidikan di lingkungan Kemenag Rohil. Ini merupakan prestasi yang membanggakan," kata Agustiar.

Dijelaskan, setiap tahun Kementerian LHK melakukan penilaian Adiwiyata terhadap satuan pendidikan yang diusulkan kabupaten/kota di Indonesia. Penghargaan diberikan kepada satuan pendidikan yang peduli dengan lingkungan sehat, bersih dan indah. Program ini dilaksanakan agar seluruh masyarakat di sekitar sekolah menyadari bahwa lingkungan hijau adalah lingkungan yang sehat.

Sayangnya, Badan Pengedalian Dampak Lingkungan (Bapedal) dan Dinas pendidikan (Disdik) Rohil belum mau memberikan kesempatan kepada madrasah di lingkungan Kemenag rohil untuk ikut dinilai dalam meraih penghargaan tersebut.

"Banyak satuan pendidikan di lingkungan Kemenag Rohil yang bagus dan layak mendapatkan penghargaan Adiwiyata. Namun, Unit pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Disdik maupun Bapedal selama ini kebanyakan melirik sekolah-sekolah umum saja," beber Agustiar.

Dirinya mengharapkan Disdik dan Bapedal Rohil ke depannya memberikan kesempatan kepada madrasah baik tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI), MTs, maupaun Madrasah Aliyah (MA) ikut dalam penilaian Adiwiyata.

"Madrasah banyak koq yang bagus. Malahan lebih bagus dari sekolah-sekolah umum yang dilirik selama ini," pungkasnya. (fie/humas)
 


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar