MENU TUTUP

Kpu Adakan Sosialisasi Daerah pemilihan dan Alokasi Anggota Dewan Kabupaten Kampar

Selasa, 21 Maret 2023 | 19:46:16 WIB
Kpu Adakan Sosialisasi Daerah pemilihan dan Alokasi Anggota Dewan Kabupaten Kampar

Bangkinang Kota, (WCR)- KPU Kabupaten Kampar Laksanakan kegiatan Sosialisasi Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota DPRD Kabupaten Kampar  pada Pemilu 2024. Kegiatan sosialisasi bertujuan agar masyarakat (publik) mengetahui tentang jumlah kursi anggota DPRD Kampar, DPRD Provinsi, dan anggota DPR RI sesuai dengan Dapilnya pada Pemilu 2024.(21/03/23).


Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Kampar, Ahmad Dahlan, SE., M. E. Sy, di aula Kantor KPU Kampar mengatakan, bahwa berdasarkan beberapa peraturan dan perundang-undangan, terutama berdasarkan surat keputusan KPU No. 457 Tahun 2022 tentang jumlah kursi anggota DPRD kab/kota dalam Pemilu Tahun 2024, dan PKPU No. 6 Tahun 2023 tentang Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota DPRD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota dalam Pemilu Tahun 2024, jumlah Kursi DPRD Kabupaten Kampar berjumlah 45 kursi. Yang membedakan dengan Pemilu tahun 2019 adalah jumlah per Daerah Pemilihan (Dapil) nya. Dapil I berjumlah 9 kursi yang meliputi daerah Kecamatan Bangkinang, Bangkinang Kota, Salo, Kuok, XIII Koto Kampar dan Kecamatan Koto Kampar Hulu; Sementara untuk Dapil II berjumlah 8 kursi yang meliputi daerah Kecamatan Tapung Hulu dan Kecamatan Tapung Hilir; Dapil III berjumlah 5 kursi yang meliputi Kecamatan Tapung; Dapil IV berjumlah 11 kursi yang meliputi Kecamatan Kampar, kecamatan Tambang, kecamatan Kampa, kecamatan Kampar Utara, dan kecamatan Rumbio Jaya; Dapil V berjumlah 6 kursi yang meliputi kecamatan Siak Hulu dan Kecamatan Perhentian Raja; dan untuk Dapil VI berjumlah 6 kursi yang meliputi kecamatan Kampar Kiri, kecamatan Kampar Kiri Hulu, kecamatan Kampar Kiri Tengah, dan Kecamatan Gunung Sahilan, ungkap Ahmad Dahlan.

Kepada para peserta sosialisasi, Ahmad Dahlan juga menjelaskan tentang Dapil dan jumlah kursi anggota DPRD Provinsi Riau. Pada Pemilu tahun 2024 nanti, jumlah kursi anggota DPRD Provinsi Riau berjumlah 65 kursi. Terdiri dari Dapil Riau 1 berjumlah 9 kursi meliputi Kabupaten Pekanbaru; Dapil Riau 2 berjumlah 8 kursi meliputi Kabupaten Kampar; Dapil Riau 3 berjumlah 6 kursi meliputi Kabupaten Rokan Hulu; Dapil Riau 4 meliputi Rokan Hilir; Dapil Riau 5 berjumlah 11 kursi meliputi kabupaten Bengkalis, kabupaten Kepulauan Meranti, dan Kabupaten Dumai; Dapil Riau 6 berjumlah 8 kursi meliputi kabupaten Pelalawan dan kabupaten Siak; Dapil Riau 7 berjumlah 8 kursi meliputi kabupaten Indragiri Hilir; dan Dapil Riau 8 berjumlah 8 kursi yang meliputi kabupaten Indragiri Hulu dan Kabupaten Kuantan Singingi, ungkap Ahmad Dahlan.

Pada kesempatan tersebut, Ahmad Dahlan juga menjelaskan Daerah Pemilihan dan Jumlah Kursi setiap Daerah Pemilihan Anggota DPR RI untuk wilayah Provinsi Riau. Pada Pemilu 2024, jumlah kursi anggota DPR RI untuk wilayah Provinsi Riau berjumlah 13 kursi. Terdiri dari Dapil Riau I berjumlah 7 kursi yang meliputi kabupaten Bengkalis, kabupaten Rokan Hulu, kabupaten Rokan Hilir, kabupaten Siak, kabupaten Kepulauan Meranti, Kita Pekanbaru, dan Kota Dumai; sementara pada Dapil Riau II berjumlah 6 kursi yang meliputi Kabupaten Kampar, kabupaten Indragiri Hulu, kabupaten Indragiri Hilir, kabupaten Pelalawan, dan kabupaten Kuantan Singingi, ungkap Ahmad Dahlan.

Menurut pantauan wartawan, kegiatan Sosialisasi Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota DPRD Kabupaten Kampar  pada Pemilu 2024 dipimpin langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Kampar, Maria Aribeni, didampingi seluruh komisioner KPU Kampar, Sardalis, Muhibuddin Akhmad dan Andi Putra.

Kegiatan sosialisasi diikuti oleh para jurnalis yang berada di wilayah Kabupaten Kampar. Kegiatan sosialisasi juga dihadiri oleh Bawaslu Kampar, utusan TNI dan Polri serta beberapa undangan yang lainnya.

Kegiatan sosialisasi juga diisi dengan diskusi seputar pelaksanaan Pemilu 2024 yang dipimpin langsung oleh Ketua KPU Kampar. Pada saat diskusi, para peserta terlihat antusias mengikuti kegiatan tersebut. "Mari sama-sama kita berkontribusi untuk menjadikan pesta rakyat dan pesta demokrasi tahun 2024 ini,  menjadi pesta yang baik, aman dan sukses ," ajak Maria Aribeni.

Diakhir kegiatan sosialisasi tersebut,  dilaksanakan tausiyah dalam penyambutan bulan Suci Ramadhan 1444 H/2023 M. Tausiyah yang disampaikan oleh Al Ustadz Kondang Kampar, Ustadz Busri Al-Kampary, SH.acara diakhiri dengan makan bersama dan salam salaman. ( jhoni)
 

Berita Terkait

Rohil Tak Pernah Terima WTP Akibat Mobil Dinas Tak Pernah Dilelang

Banmus DPRD Rohil Bahas Ranperda Kawasan Tanpa Asap Rokok

Mubajir !! Beberapa Bangunan Pemda Rohil Tak Ditempati, Ini Kata Ketua DPRD

DPRD Gelar Paripurna Penyampaian Perubahan KUA dan PPAS Kabupaten Rohil Tahun Anggaran 2023

Ketua DPRD Rohil Ingatkan Aparat Keamanan Soal Pilkades Serentak

TULIS KOMENTAR
TERPOPULER +
1

Panwascam Kampar Monitoring Tahapan Perekrutan Pantarlih/PPDP untuk Pilkada Tahun 2024

2

Divisi HP2H Panwascam Kampar Monitoring Tahapan Perekrutan Pantarlih/PPDP untuk Pilkada Tahun 2024

3

Rekonstruksi Pembunuhan Anak Dibawah Umur, Ini Harapan Keluarga Korban dan Kuasa Hukum

4

Ketua DPRD Rohil Maston Pimpin Rapat Bersama Sekretariat DPRD

5

Bupati Bengkalis Terima Dua Penghargaan dari Kemenkeu RI

6

Peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia di Rohil dirangkai Dengan Pengarakan Piala Adipura

7

Tanggapan KPU Kampar Melalui Divisi Hukum dan Pengawasan, Terkait Keputusan MK Tolak 2 Pemohon

8

Rumah Zakat Berpartisipasi dalam Aksi Peduli Palestina Koalisi Riau Selamatkan Palestina

9

Dimeriahkan Dewi KDI, KPU Kampar Laksanakan Peluncuran Pilkada Tahun 2024

10

Pemetaan TPS, KPU Kampar Terus Matangkan Persiapan Jelang Pilkada Serentak Tahun 2024