MENU TUTUP

Plt Bupati Rohil Pimpin Apel Siaga Darurat Karhutla

Selasa, 27 Maret 2018 | 10:52:11 WIB
Plt Bupati Rohil Pimpin Apel Siaga Darurat Karhutla Plt Bupati Rohil Drs Jamiludin didampingi Ketua DPRD Nasrudin Hasan dan Komandan Sub Satgas Karhutla Rohil Dandim 0321 Letkol Inf Didik Efendi saat memeriksa barisan satgas karhutla

BAGANSIAPIAPI, WAWASAN RIAU.COM - Pelaksana tugas (Plt) Bupati Rokan Hilir (Rohil) Drs Jamiludin pimpin apel siaga darurat penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dilapangan Taman Budaya Jalan Kecamatan batu enam Bagansiapiapi Rohil, Senin (26/3/2018)

Apel siaga darurat penanggulangan karhutla dihadiri, Ketua DPRD H. Nasrudin Hasan, Dandim 0321 Rohil Letkol Inf Dididk Efendi, Wakapolres Rohil Kompol Wawan Setiawan, para Kepala OPD, Camat, Personil TNI, Personil Kepolisian, personil perusahaan, personil BPBD, MPA, BNPB, serta anggota Pramuka.

Plt Bupati Rohil Drs Jamiludin dalam pidatonya menyampaikan bahwan apel siaga darurat penanggulangan karhutla ini digelar berkaitan dengan penetapan status siaga darurat penanggulangan karhutla Rohil pada 6 Maret 2018 lalu serta menunjuk Komandan Kodim 0321 Rohil sebagai Komandan Sub Satgas Siaga darurat dan Kapolres Rohil sebagai Wakil Komandan sub Satgas siaga darurat serta memberikan wewenang kepada para Camat sebagai penanggung jawab penanggulangan karhutla di wilayah Kecamatan.

"Jika sebelumnya  penanganan penanggulangan karhutla masih dilakukan oleh Kecamatan, Instansi, lembaga dan perusahaan secara sendiri-sendiri, maka setelah penetapan status siaga darurat penanganan karhutla berada dibawah satu komando," kata Jamiludin.

Lanjutnya, dengan sistem satu komando diharapkan penanggulangan karhutla akan lebih terkordinir, terkendali, terpadu, efektif dan efesien meski dengan sumber daya terbatas,' jelasnya.

Jamiludin juga menyampaikan bahwa hampir 90 persen kebakaran hutan dan lahan yang terjadi akibat kebakaran yang disengaja oleh oknum yang tidak bertanggung jawab karena melakukan pembukaan lahan secara konpensional dengan cara membakar dan hanya sebagian kecil yang disebabkan kejadian alam.

Pada saat musim kemarau wilayah Rohil yang banyak memiliki lahan gambut sangat rawan terbakar karena gambut berpotensi menjadi bahan bakar terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Untuk itu Ia meminta kepada seluruh masyarakat maupun perusahaan memiliki kesadaran untuk melakukan pencegahan terjadinya karhutla.

"Diharapkan kesadaran masyarakat akan semakin meningkat sehingga pembakaran lahan dapat menurun serta menghindari terjadinya sanksi hukum bagi pelaku pembakaran karhutla," harapnya.

Disampaikannya juga bahwa dalam Rakor Nasional perlindungan Karhutla 6 Pebruari 2018 di Jakarta, Presiden Republik Indonesia, Jokowi mengapresiasi kinerja satgas karhutla Riau karena berhasil menurunkan angka titik api di Propinsi Riau dari Tahun 2015-2017 sebesar 88,2 persen.

"Melalui apel siaga darurat penanggulangan karhutla ini dilaksanakan untuk memastikan kesiapan satgas penanggulangan kebakaran karhutla baik peralatan maupun personil dalam menjalankan tugas. Dengan sistem satu komando penanggulangan karhutla dapat mengptimalkan semua sumber daya yang ada guna tercapainya Riau bebas asap 2018 dan kelancaran penyelenggaraan ASEAN Games Jakarta-Palembang 18-2 September 2018," tegasnya.

Laporan : Irwansyah

 

 

 

Berita Terkait

Bupati Rohil Pantau Pelaksanaan UN Tingkat SMP

Cegah Corona, Pengurus Mesjid Al Muhajirin Terima Tangki Air Dari Anggota DPRD Rohil Elfa Rinda

Sempena Hari Kesaktian Pancasila, Kepala PN Rohil : Junjung Tinggi Nilai Pancasila dan Prestasi

Dinas PUPR Akan Tinjau Ulang Seluruh IMB Rohil

Kepenghuluan Labuhan Tangga Baru Telah Salurkan BLT Tahap Pertama

TULIS KOMENTAR
TERPOPULER +
1

KPU Kampar Resmi Melantik Sebanyak 105 PPK

2

Tidak Ada Calon Independen Yang Maju di Pilkada Kampar

3

Harapan PPPI Provinsi Riau di HUT Perawat se-Dunia, Zulkifli :Jadi Momentun Pembaharuan Keperawatan

4

KPU Kampar Perpanjang Pendaftaran PPS yang Belum Memenuhi Kuota

5

Bupati Kasmarni Resmikan Kelenteng Tri Dharma Hun Bin Kuan Siak Kecil

6

Bupati Kasmarni Beri Ucapan Selamat Kepada Yoandre Dwi Syahputra Dan Denita Pratiwi Semoga SAMAWA

7

Wow Seorang KUA Di Rohil Ikut Penjaringan Calon Bupati

8

KONI Rohil Persiapkan Atlit Untuk Ajang Kompetisi Porprov Riau di Dumai dan Siak

9

DPRD Dan Pemkab Gelar Banmus Terkait Renja Awal Tahun 2024

10

Pastikan Tes Ujian CAT Berjalan Lancar di Hari Pertama, Bawaslu Rohil Lakukan Pengawasan Melekat