MENU TUTUP

Dukung Pramuka, Kemenpora Kucurkan Anggaran Rp 91 Miliar

Ahad, 14 Agustus 2016 | 20:51:56 WIB
Dukung Pramuka, Kemenpora Kucurkan Anggaran Rp 91 Miliar Presiden Joko Widodo memukul beduk buka secara resmi Jambore Nasional X Cibubur (foto detik)

Jakarta - Kemenpora memberikan dukungan fasilitas untuk Kwarnas Pramuka dengan mengucurkan anggaran Rp 91 miliar tahun 2016 ini. Menpora Imam Nahrowi mengatakan dukungan diberikan karena Kwarnas Gerakan Pramuka merupakan wadah pengembangan potensi dan karakter generasi muda Indonesia.

"Gerakan Pramuka merupakan salah satu wadah pengembangan potensi dan karakter generasi muda handal Indonesia. Karena itu, Kemenpora berupaya selalu mendukung upaya Kwarnas Pramuka dengan memberikan bantuan dukungan fasilitasi melalui Asisten Deputi Organisasi Kepemudaan dan Pengawasan Kepramukaan," kata Menpora usai mendampingi Presiden Joko Widodo membuka acara Jambore Nasional (Jamnas) X 2016 sekaligus Peringatan Hari Pramuka ke 55 di Lapangan Utama Bumi Perkemahan Cibubur, Minggu (14/8/2016).

Pada kesempatan ini, Menpora mengapresiasi penyelenggaraan Jamnas X dan peringatan ke-55 Hari Pramuka yang berlangsung meriah.

"Kita berharap peserta Jambore Nasional, sesuai tema Jambore Nasional tahun ini senantiasa tampil keren, gembira, dan asyik dalam memberikan kontribusi terbaik mereka untuk kepentingan bangsa dan negara," kata Imam.

Bertema "Bangun Karakter Kaum Muda Melalui Kegiatan yang Keren, Gembira, Asyik" HUT Pramuka juga dihadiri sebanyak 25 ribu peserta tingkat pengalang seluruh Indonesia, termasuk Pramuka berkebutuhan khusus dari 34 Kwarda seluruh Indonesia dan peserta dari luar negeri terdiri dari Malaysia, India, Timor Leste, Filipina, Nepal, Thailand, Belanda serta KBRI Malaysia dan KBRI Rusia.

Pembukaan Jamnas X ditandai dengan pemukulan Timpani alat musik dari Papua yang diikuti perkusi. Untuk mensukseskan Jamnas ke X ini, Kemenpora telah melakukan kerjasama dengan memberikan bantuan Rp 91 milyar, terdiri dari Rp 71 miliar untuk pelaksanaan Jambore Nasional dan Rp 20 miliar untuk bantuan kegiatan rutin Kwarnas sepanjang tahun. Sehingga totalnya mencapai Rp 91 miliar.

Berdasarkan data dari Asisten Deputi Organisasi Kepemudaan dan Pengawasan Kepramukaan Kemenpora, khusus untuk alokasi anggaran sebesar Rp 71 miliar untuk penyelenggaraan Jambore Nasional, perinciannya sebesar Rp 38 miliar untuk transportasi dan akomodasi dan Rp 33 miliar untuk renovasi seperti pengaspalan jalan, perbaikan gedung dan lain-lain.

Selain Menpora, turut hadir mendampingi Presiden Jokowi pada Pembukaan Jamnas dan HUT Pramuka kali ini diantaranya Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault, Menko PMK Puan Maharani, Mendikbud Muhadjir Effendy, Menkoinfo Rudiantara dan sejumlah pejabat lainnya.

sumber: detik.com

Berita Terkait

Penuhi Janji, Kapolri Jenguk Sinta Aulia Anak yang Sakit Tumor Kaki

Presiden Segera Keluarkan Perpres Media Sustainability

Gempa Guncang Sumbawa

Jihad Terbesar Muslim di AS Perangi Miskonsepsi Tentang Islam

4 Poin Penjelasan MUI Soal Fatwa Haram Pakai Atribut Nonmuslim

TULIS KOMENTAR
TERPOPULER +
1

Raih Berkah Ramadhan, KONI Rohil Bagikan 500 Paket Takjil dan Buka Puasa Bersama

2

Kominfotiks Rohil Gelar Pertemuan Dengan Puluhan Organisasi Pers, Ini Yang Dibahas

3

Bupati Rohil Salurkan Bantuan Operasional Masjid Mujahidin Sungai Nyamuk

4

Bupati Rohil Serahkan Bantuan Operasional 3 Rumah Ibadah dan Klaim BPJS

5

DPD PPPI Provinsi Riau Lakukan Audiensi Dengan Pj Walikota Pekanbaru

6

Upaya Pemkab Kampar Tekan Angka Inflasi, Gelar Operasi Pasar Murah Di Bawah Harga Pasar.

7

Raih Piala Adipura, Pemkab Rohil Akan Adakan Kirab Piala Adipura Keliling Kota Bagansiapiapi

8

Cegah kerusakan ekosistim mangrove, Komisi IV DPR propinsi Riau tanggapi laporan

9

Pemkab Kampar Ikuti Rakor Perkembangan Penyelesaian Aset Bermasalah Tahun 2024 di Provinsi Riau

10

Bupati Rohil Buka Secara Resmi Pasar Ramadhan 1445 H