Pendidikan

Mahasiswa KUNKERTA UNRI Ciptakan Rak Al-Qur’an Modern Guna Kenyamanan Ibadah Dimesjid Nurul Yaqin

Kampar - Dalam program Kuliah Kerja Nyata (KUNKERTA) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), mahasiswa Universitas Riau memberikan kontribusi kepada masyrakat dengan menciptakan rak Al-Qur’an untuk dipergunakan di Masjid Nurul Yaqin yang menjadi salah satu pusat kegiatan keagamaan di Desa Karya Indah, Rabu (07/8) lalu.

Salah satu program KKN ini bertujuan untuk mendekatkan mahasiswa dengan Masyarakat dan memberikan kenyamanan beribadah kepada jama’ah.

Dikarenakan kondisi Masjid Nurul Yaqin masih dalam tahap Pembangunan, masjid tersebut menghadapi kendala dalam penyimpanan kitab suci Al-Qur’an. Belum tersedianya fasilitas yang memadai membuat kitab Al-Qur’an sering kali tidak tertata rapi, sehingga menyulitkan jama’ah mengaksesnya.

Berdasarkan faktor permasalahan tersebut, mahasiswa KKN MBKM Universitas Riau berinisiatif untuk membuat rak Al-Qur’an yang fungsional juga estetis.

Ide program kerja ini muncul dari diskusi antar mahasiswa KKN MBKM dan juga pengurus Masjid Nurul Yaqin.

Proses pembuatan rak Al-Qur'an dilakukan oleh seluruh mahasiswa/i yang tergabung dalam kelompok KKN MBKM Teknik Elektro Desa Karya Indah yang berjumlah 10 orang.

Pengerjaan dimulai dengan mencari bahan-bahan yang berkualitas. Desain rak dibuat dengan mempertimbangkan kemudahan akses dan keindahan visual.

Tantangan terbesar yang dihadapi oleh mahasiswa adalah keterbatasan alat yang mendukung, namun hal ini berhasil diatasi dengan bekerja sama dengan tukang kayu lokal untuk menghaluskan dan memotong papan kayu.

Proses pembuatan rak Al-Qur’an ini memakan waktu selama 3 (tiga) hari kerja.

Acara serah terima rak Al-Qur’an dilaksanakan pada hari Rabu (07/8/2024) setelah shalat Maghrib waktu setempat.

Ketua RW, Pengurus Masjid, dan Warga Desa hadir dalam acara tersebut. Reaksi positif dan apresisasi dari Ketua RW membuat momen ini menjadi sangat berkesan.

Salah satu mahasiswa, Khosfikra Demiza, selaku ketua kelompok mengungkapkan “Alhamdulillah, kegiatan pembuatan rak Alquran di Masjid Nurul Yaqin telah selesai dengan baik.

Terima kasih kepada semua yang telah berpartisipasi. Tujuan kami adalah menyediakan tempat yang layak untuk Alquran, agar lebih mudah diakses dan terjaga dengan baik.

Semoga usaha kita ini menjadi amal jariyah yang terus mengalir pahalanya. Mari kita jaga semangat gotong royong ini dalam kegiatan-kegiatan mendatang.”

Rak Al-Qur’an yang baru ini diharapkan dapat memberikan manfaat langsung bagi jamaah masjid Nurul Yaqin, dimana Kitab Suci Al-Qur’an dapat tersimpan dan tersusun dengan rapi dan mudah diakses oleh jama’ah.

Selain itu diharapkan juga program ini dapat mempererat hubungan antara mahasiswa dan masyrakat Desa Karya Indah. ***


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar