Lancang Kuning

Rohil Kasus Lakalantas Meningkat di Tahun 2015

ilustrasi

BAGANSIAPIAPI, WAWASANRIAU.COM - Sepanjang tahun 2015 korban kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) di Kabupaten Rokan Hilir, Riau dari tahun ketahun mengalami peningkatan.

"Ada peningkatan kasus lakalantas pada tahun 2015 ini, dimana dari 136 kasus lakalantas pada tahun 2014, tahun ini meningkat menjadi 143 kasus. Korban lakalantas yang meninggal juga naik dari 71 orang (2014) menjadi 117 orang (2015)," kata Kapolres Rohil AKBP Subiantoro, Minggu.

Meningkatnya kasus laka dan korban lakalantas, terangnya seiring dengan semakin banyaknya kendaraan bermotor.‎ Sementara penyumbang kasus dan korban meninggal dunia akibat lakalantas masih berada di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) dan Riau-Sumatera Utara.

"Kalau korban luka berat ada penurunan dari 122 orang pada tahun 2014, sementara tahun ini meningkat menjadi 115 orang," jelasnya.

Sementara itu, mengenai kepatuhan masyarakat dalam berkendaraan juga mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari perbandingan pelanggaran lalu lintas (lalin) pada tahun 2014 dengan pelanggaran lalin tahun 2015.

"Tahun 2014 dikeluarkan sebanyak 5.363 lembar surat tilang, dan pada 2015 dikeluarkan 6.104 lembar surat tilang. Ini artinya mengalami kenaikan sebanyak 741 lembar surat tilang ditahun 2015," sebut dia.

Ia menilai, penindakan teguran dan penilangan kepada pengendara kendaraan bermotor tergantung kepada petugas polisi dilapangan.

"Tergantung petugas lapangan, kadang mereka tidak menilang meskipun ada pelanggaran lalin," katanya.

Meningkatnya korban jiwa meninggal dan luka berat akibat lakalantas turut membuatnya merasa prihatin, namun ia mengajak segenap lapisan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dalam berkendaraan, sehingga dapat mencegah terjadinya lakalantas.

"Bukan hanya tugas polisi saja, tapi tugas bersama. Makanya kedepan bagaimana masyarakat bisa jadi polisi bagi diri sendiri, jangan sampai kita menjadi korban atau menjadi pelaku kejahatan," imbuhnya.


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar