Lancang Kuning

Bupati dan Wabup Rohil Hadiri Pelantikan Anggota PPK Untuk Pemilu Tahun 2024

Rohil - Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong bersama Wabup Rohil H Sulaiman hadiri Pelantikan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Rohil untuk Pemilihan Umum tahun 2024. Pelantikan secara langsung dilakukan ketua KPU Rohil Supriyanto, Rabu (4/1/2023).

Pelantikan yang dipusatkan di Gedung Misran Rais tersebut juga dihadiri perwakilan KPU Riau, perwakilan Forkopimda, beberapa ketua Partai Politik, Camat se-Rohil, jajaran Bawaslu dan berbagai unsur lainnya. 

Ketua KPU Rohil Supriyanto dalam sambutannya mengatakan, saat ini tahapan Pemilu sudah mulai padat yang dimulai pada 14 Juni 2022 yang lalu. Dimana katanya, tahapan verifikasi partai politik juga telah dilaksanakan pada 14 Desember 2022 dan telah ditetapkan sebanyak 18 partai peserta Pemilu. 

Supriyanto menerangkan, dalam pembentukan PPP yang baru saja dilantik memiliki proses yang cukup panjang. Dimana katanya, saat dibukanya pendaftaran ada sebanyak 256 orang yang mendaftar terdiri dari 219 orang laki-laki dan 37 orang perempuan. 

Dari 256 orang pendaftar tersebut, diselesaikan secara terbuka melalui CAT dan wawancara. Sehingga terjaring 90 orang dan dilaksanakan pelantikan.

"Ada 90 orang PPK yang kita lantik hari ini. Dimana, 90 PPK tersebut tersebar di seluruh kecamatan dan masing-masig Kecamatan 5 orang," kata Supriyanto.

Kepada PPK yang telah dilantik, Supriyanto berpesan agar senantiasa menjaga integritas dan bekerja sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan. Sebab PPK selaku penyelenggara Pemilu memiliki beban yang sangat besar.

"Jalankan tugas sesuai tupoksi dan harus tetap menjaga integritas  berlaku adil bagi peserta pemilu. Selain bekerja sesuai tupoksi juga kita bekerja dituntut untuk memenuhi target apa yang di instruksikan oleh KPU RI," terangnya. 

Dalam kesempatan itu, Ketua KPU juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemda Rohil yang telah memberikan dukungan dalam pelantikan PPK tersebut dan menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh PPK yang baru saja di lantik. 

Sementara itu, Bupati Rohil Afrizal Sintong dalam sambutannya, menyampaikan ucapan selamat kepada anggota PPK yang baru saja dilantik. "Sumpah, janji dan fakta integritas yang telah diucapkan PPK harus di taati. Saya percaya para PPK mampu menjalankan tugas yang di emban sesuai dengan aturan yang berlaku," katanya. 

Pekerjaan berat sebut Bupati, telah menanti para penyelenggara Pemilu dalam menghadapi Pemilu dan Pilkada. Bupati berharap Pemilu di Kabupaten Rohil dalam berjalan secara demokratis tanpa adanya persaingan yang tidak sehat seperti kampanye hitam dan bertarung secara sportif. 

"Selaku Pemerintah kami berharap Pemilu dapat berjalan dengan aman tertib, kepada PPK yang baru dilantik kami ucapkan selamat dan kami berpesan bekerjalah sesuai aturan dan tidak membeda-bedakan," pungkasnya.(rilis)


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar