Ekonomi

Galeri Rumah Tamadun Bagansiapiapi Menjadi Pusat Oleh-oleh Hasil Kerajinan Masyarakat Rohil

BAGANSIAPIAPI - (WRC) Galeri Rumah Tamadun yang berada di Jalan Merdeka Kota Bagansiapiapi merupakan satu satunya pusat suvernir dan oleh-oleh yang menampung serta memasarkan hasil kerajinan tangan dan makanan olahan dari masyarakat Rokan Hilir.

"Rumah Tamadun artinya rumah peradaban melayu yang diambil dari bahasa Melayu klasik, "Tamadun" yang berarti Peradaban. Jadi Rumah Tamadun ini tagline nya menjadi pusat kerajinan Melayu dengan mengangkat produk-produk lokal hasil olahan dan kerajinan masyarakat Rohil dikemas dengan baik untuk dijadikan oleh-oleh," kata CEO Rumah Tamadun, Hendra saat ditemui di Galerinya Jalan Merdeka Bagansiapiapi, Kamis (12/5/2022).

Lanjutnya, Rumah Tamadun satu satunya pusat oleh-oleh di Rohil yang sudah mendapatkan hak paten HAKI dengan produk unggulannya berbagai jenis tanjak Melayu, kain songket, berbagai tas dari tikar pandan maupun dari lidi sawit, tepak lidi sawit, piring lidi sawit dan lainnya serta makanan olahan dari madu, olahan jahe, olahan pisang dan lain- lain," terangnya.

Hendra juga mengatakan bahwa galeri Rumah Tamadun tidak hanya mengangkat produk - produk lokal tapi juga mengambil produk- produk dari luar, jadi bila ada orang luar yang mencari oleh oleh dari daerahnya bisa didapat di galeri Rumah Tamadun.

"Kami juga mengambil produk dari luar seperti produk dari pekan baru dan daerah lainnya. Sehingga apa yang menjadi keinginan konsumen untuk membeli oleh oleh dapat terpenuhi dan produk kita juga dibawa keluar," bebernya.

Selain itu, Hendra juga berharap kepada para pengrajin maupun pelaku UMKM agar dapat menampilkan hasil produknya di galeri Rumah Tamadun.

" Bagi teman-teman yang punya karya hasil kerajinan jangan hanya dipajang dirumah tapi juga di pajang di galeri Rumah Tamadun. Karena konsepnya galeri jadi siapa saja bisa menampilkan hasil produk kerajinannya di Rumah Tamadun dengan ketentuan dan kesepakatan bersama. Jadi para pengrajin yang bekerjasama dengan galeri Rumah Tamadun tidak hanya menghasilkan uang tapi juga mendapatkan promo atas produk nya."  ungkap Hendra mengakhiri.  (Irwan)


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar