Sosbud

Masyarakat Tanjung Antusias Sambut Kedatangan Staf Ahli Gubri Yurnalis

Kampar – Masyarakat Tanjung Kelurahan Pasir Sialang, sangat antusias dan menyambut hangat kedatangan Staf Ahli Gubernur Riau Bidang Pemerintahan Hukum dan SDM Yurnalis Basri SSos MSi, pada acara Ziarah Kubur atau Hari Raya Enam (Ayo Onam), hari senin (09/05/2022), di Masjid Baitul Makmur Tanjung.

Pada kesempatan tersebut Yurnalis mengucapkan ribuan terima kasih kepada seluruh Masyarakat, terutama masyarakat Tanjung yang telah menjamu kita untuk makan bersama yang jamuannya sangat luar biasa. Berbagai sambal dan kawa disajikan dalam partai besar. Ini merupakan hal yang sangat luar bisa. 

Dihari raya enam ini, banyak sekali manfaat yang kita dapatkan. Pertama manfaat silaturrahim. Yang mana pada hari raya ini kita bisa bersua dan berjabat tangan dengan keluarga dan sahabat yang terkadang sudah bertahun-tahun tidak berjumpa. Kedua, kita bisa berziarah secara bersama-sama ke kuburan-kuburan yang berda dikampung kita, bahkan sampai keluar Kampung seperti yang kita laksanakan saat ini. Yang inti dari Ziarah ini mengingatkan kita pada kematian. 

Kemudian yang ketiga manfaat dari ayo onam ini, semangat bersedekah makanan. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya makanan dirumah-rumah bahkan sampai dipinggir jalan. Yang makanan tersebut boleh dimakan oleh siapa saja. Tidak cukup disitu, masyarakat membuat jambau yang isinya berbagai sambal yang enak-enak, seperti ikan bakar, sampode baung dan tapa, ayam, rendang, berbagai macam gulai dan lain sebagainya, yang lengkap dengan nasinya dan buah-buahan, ungkap Yurnalis. 

Jambau ini diperuntukkan untuk makan bersama di Masjid, setelah melakukan ziarah. Ini tradisi yang sangat luar biasa, yang perlu dilestarikan. Untuk itu, kita sangat memberikan apresiasi kepada panitia pelaksana dan seluruh masyarakat yang melaksanakan kegiatan yang luar biasa ini. Mudah-mudahan kegiatan ini diridhoi oleh Allah Swt, dan menajdi lading amal ibadah buat kita semua, harap putra terbaik Kampar ini.

Sementara itu, Ketua Pemuda Dewan Dakwah Kampar Gustika Rahman SPdI yang juga merupakan Masyarakat Tanjung mengatakan, Hari Raya enam atau ayi ayo onam ini merupakan tradisi turun temurun dari masyarakat Tanjung. Pada hari raya ini, kita melaksanakan ziarah kubur di setiap Tempat Pemakaman Umum (TPU) yang berada dilingkunagn Tanjung bahkan yang berada diluar Tanjung, seperti Desa Pulau Lawas, Kampung Deling, Toluok, Pasir Sialang dan Teratak Domo (Tradom).

Setelah melaksanakan Ziarah Kubur, tardisi Masyarakat Tanjung mengadakan acara Makan Bajambau atau makan bersama di Masjid Baitul Makmur. Jambau atau hidangan makanan ini dibawak langsung oleh Masyarakat ke Masjid. Kaum laki-laki atau Bapak-bapak melaksanakan Ziarah Kubur, kaum perempuan atau ibu-ibu memasak dirumah, yang kemudian masakannya dibawa Kemasjid untuk makan bersama.

Suasana kekeluargaan meyelimuti nuansa hari raya enam (Ayo Onam). Yang mana masyarakat Tanjung yang berada diluar daerah balik kampung untuk bersilaturrahmi sambil berziarah kekuburan para kerabatnya. Sebelum dilaksanakan oyo onam, terlebih dahulu masyarakat melaksanakan puasa 6 hari beturut-turut, setelah hari raya idul fitri. Ada juga masyarakat yang melaksanakan puasa selang seling bahkan puasa setelah hari raya enam. Intinya, mereka puasa 6 hari dibulan Syawal, pungkas Agus. (Rilis)


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar