Nasional

Afrizal Sintong Tegaskan Vaksinasi Harus Capai Target Sebelum 25 Desember 2021

ROKAN HILIR(WRC) -Pelaksanaan vaksinasi Covid 19 di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) sejauh ini belum mencapai target yang di tetapkan yakni 70 persen. 

Bahkan, sejumlah Kecamatan angkanya masih sangat rendah. Untuk mengejar target tersebut Bupati Rohil Afrizal Sintong, S.IP mengintruksikan kepada semua pihak terkait, terkhusus kepada Camat, Lurah, penghulu dan Puskesmas untuk pro aktif agar target pemberian vaksinasi bisa tercapai sebelum 25 Desember 2021. 

Hal tersebut ditegaskan Bupati saat memberikan arahan di sela acara Rapat Koordinasi Pejabat Pemerintah Daerah tentang pelimpahan wewenang Bupati kepada camat, pengelola dana kelurahan, percepatan penetapan batas kecamatan, kelurahan dan Kepenghuluan, Kamis (16/12/2021) di Gedung Pertemuan H Misran Rais di Jalan Utama, Bagansiapiapi. 

"Ini menjadi tugas camat, lurah dan juga penghulu, fokuslah karena Desember ini sudah harus tercapai," kata Bupati. 

Bupati mengungkapkan, persoalan pemberian vaksinasi kepada seluruh warga masyarakat ini harus di tuntaskan tahun ini juga kendati kasus Covid 19 sudah tidak lagi di temukan di seluruh daerah di Kabupaten Rohil beberapa bulan terakhir. 

"Saya minta betul-betul pro aktif lah soal ini. Kita memang nihil untuk kasus Covid 19, tapi vaksin ini harus dituntaskan agar 2022 kita tidak pusing soal ini lagi," paparnya. 

Sementara itu, terkait target pemberian vaksinasi 70 persen yang telah di tetapkan pemerintah pusat baru Kecamatan Rantau Kopar yang sudah mencapai target dan ada beberapa kecamatan yang hampir mencapai target sementara kecamatan lainya masih rendah.

"Rantau Kopar luar biasa sudah mencapai target, begitu juga Kecamatan Basira dan Sedinginan sudah hampir tercapai. Tapi untuk daerah lain seperti Kecamatan Tanjung Medan, Kubu, Kuba, Pekaitan, Simpang Kanan, Palika dan Pujud masih sangat rendah.  Target harus di kejar sampai 25 Desember 2021, harus sudah selesai,"  tegasnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Rohil, Cici saat di konfirmasi seusia acara terkait persentasi jumlah masyarakat yang sudah di vaksin Covid 19 mengatakan bahwa saat ini baru sekitar 55,40 % yang sudah di vaksin dari target.

"Untuk Vaksin ini kita terus lakukan  semaksimal mungkin dengan jeput bola dimana pihak Puskesmas terus bekerjasama dengan pihak Kecamatan, kepenghuluan, kelurahan dan babhinkantibmas yang ada," kata Cici.

Lanjutnya, setakat ini total keseluruhan yang vaksin baru 55,40 persen dari yang di targetkan. Target 100 % yang ingin dicapai berjumlah 479.764 vaksin dan yang sudah di vaksin sekitar 265.776," ungkapnya. (Irwan)


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar