Hukrim

Panik..!! Ratusan Hektare Kebun Sawit di Kubu Rohil Terbakar

Kubu - Kecamatan Kubu, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau membara. Pasalnya, diduga ratusan hekter lahan ditanami kebun sawit dan lahan semak belukar di  Kecamatan Kubu ludes terbakar dilalap sejago merah.

Kebakaran terjadi di Dusun Mulia, Dusun Makmur, Kepenghuluan Sungai Segajah Jaya dan di Kepenghuluan Sungai Segajah Makmur, Kecamatan Kubu.

Petugas gabungan terdiri dari TNI, Polri, BPBD Rohil, BPBD Provinsi, tim Manggalagni, PT SRL, Upika Kubu, Pemerintah Desa, MPA Desa sudah enam hari berjibaku melakukan pemadaman dan pendinginan dilokasi kebakaran.

Klaborasi BPBD Rohil dan BPBD Provinsi telah menerjunkan dua yunit sekaligus  heli kopter melakukan pemadaman api dengan bombardir dilokasi kebakaran.

Sulitnya akses jalan menuju lokasi kebakaran menjadi salah satu faktor penghambat bagi petugas dalam melakukan pemadaman api, sementara ketersediaan pasokan air masih mencukupi dalam melakukan pemadaman.

Datuk Penghulu Sungai Segajah Jaya, Salman S Sos kepada wartawan, Jumat (23/7/2021) mengatakan, bahwa pemadaman dan pendinginan sudah enam hari dilakukan petugas dilokasi kebakaran.

"Hari ini (Jumat red) sudah hari ke-6 petugas melakukan pemadaman, diperkirakan di dua Kepenghuluan yang terbakar saat ini mencapai 100-an hektar lahan terbakar, awal mula kebakaran, Senin (19/7) lalu sekitar pukul 02.00 WIB," ujarnya.

Lanjut Penghulu, kebakaran lahan yang terjadi di Kepenghuluan Sungai Segajah Jaya sudah padam,  hanya saja hingga saat ini petugas masih terus melakukan pendinginan dilokasi kebakaran.

"Api sudah padam, cuma tinggal pendinginan saja, sebab bekas-bekas tunggul dan rerumputan yang terbakar masih menyisakan asap tipis, untuk titik Hotspot terpantau hanya satu hotspot lagi, sekarang api mengarah ke-Kepenghuluan Sungai Segajah Makmur,"ujarnya.

Sementara itu Datuk Penghulu Sungai Segajah Makmur, Dwi Rimawan mengatakan, kebakaran lahan yang terjadi di Desa yang ia pimpin merupakan kirim dari desa tetangga.

"Awal mula kebakaran di Kepenghuluan Sungai Segajah Jaya, mungkin karena tiupan angin membuat api menjalar dengan cepat hingga masuk ke desa kami, sekarang sedang fokus melakukan pemadaman bersama petugas lainnya, sudah dua hari kita melakukan pemadaman," pungkasnya. 


(Rpz)


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar