Sosbud

Desa Rahan Singkuang Salurkan BLT Tahap Tiga ke Masyarakat Miskin

KAMPAR, WAWASANRIAU.com - Sebanyak 125  Kepala Keluarga (KK) di Desa Ranah Singkuang Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar menerima bantuan langsung tunai (BLT) Dana Desa. Penyerahan BLT Dana Desa tersebut dilaksanakan di Aula kantor Desa setempat, Rabu (23/12/2020).

BLT DD Tahap III diberikan Pemerintah Desa Ranah Singkuang kepada masyarakat miskin terhitung sejak Bulan Oktober, November dan Desember senilai Rp300.000/bulan dengan Total Rp900.000/orang.

Dalam penyerahan BLT DD disaksikan langsung oleh Kepala Desa Ranah Singkuang Kamarudin, Bhabinkamtibmas Brigadir Haryanto, Babinsa Handrami  dan Pendamping Desa Herlis Effendi.

Kepala Desa Ranah Singkuang Kamarudin dalam sambutannya mengatakan dalam pemberian bantuan ini selaku Kepala Desa ingin disaksikan langsung oleh tingkat Kecamatan, Babinkantibmas dan Babinsa serta pendamping Desa dengan cara tetap mengedepankan Protokoler Kesehatan, sehingga dapat menghambat penyebaran Virus Corona.

" Patuhi protokoler kesehatan dalam pembagian BLT DD ini, seperti apa yang telah diintruksikan oleh Pemerintah, dan ini kita lakukan untuk memutus mata rantai penyebaran Virus Corona karena untuk warga Desa Ranah Singkuang merupakan tanggung jawab kita (Red- Kepala Desa) agar warga tidak terjangkit Virus Corona, salah satunya dengan selalu mengkedepankan Protokoler Kesehatan " ujarnya.

Juga untuk diketahui bersama melalui anggaran Dana Desa, kita telah menganggarkan pembelian masker, jadi kedepannya tidak ada lagi warga Desa Ranah Singkuang yang tidak memakai masker, karena kesehatan ini sangat penting dan kita sendiri yang akan menjaga agar selalu sehat, beber Kamarudin.

Lebih lanjut dikatakannya, terkait pembagian BLT DD untuk masyarakat Desa Ranah Singkuang, kita mendapatkan Bantuan dari Pemerintah baik tingkat Desa dan bahkan bantuan Pusat. Sekitar 95%  dari total sebanyak 375 KK sudah mendapatkan bantuan Pemerintah, selebihnya 5% adalah PNS, TNI/Polri serta Aparatur Desa.

" Jadi Pemerintah sudah sangat memperhatikan masyarakat, Bapak Presiden RI Jokowidodo sudah menginstruksikan Dana Desa digunakan untuk peningkatan ekonomi, agar apapun kebutuhan rumah tangga dapat tercukupi dengan biak, pesan saya gunakan bantuan tersebut sebaik - baiknya, himbaunya.

Imbuh kades, bagi yang dapat bantuan BLT DD maka manfaatkan sesuai kebutuhan masing - masing. Dan selalu bersyukur karena Desa Ranah Singkuang sangat banyak mendapatkan bantuan. Dan juga untuk Tahun 2021 jika ada perubahan dalam memberikan bantuan maka kami pihak dari Pemerintahan Desa akan melakukan Musyawarah kembali, karena kita wajib mengikuti setiap aturan yang ada.

" Ini merupakan pembagian BLT terakhir dan jika nanti ada perpanjangan di Tahun 2021 maka akan kami sampaikan lagi. Dan mari bersama - sama kita berdoa agar Musibah Non Alam ini bisa secepatnya berlalu, pungkas Kades.

Ditempat yang sama Herlis Effendi selaku pendamping Desa menyampaikan,"  bahwa 2021 ada tujuan pembangunan skala Nasional salah satunya adaptasi Desa, salah satu contoh keluar rumah pakai masker, dan itu salah satu pengunaan Dana Desa untuk Tahun 2021, kemudian juga ini BLT terkahir tahun 2020 untuk itu gunakan BLT DD ini untuk kebutuhan rumah tangga.

"Mudahan kedepannya ekonomi masyarakat Desa Ranah Singkuang meningkat dan sejahtera. "capnya.(Jhon)


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar