Sosbud

Perayaan Malam Cap Go Meh di Bagansiapiapi Belansung Meriah

Bupari Rohil H.Suyatno di dampingi Ketua DPRD Rohil Nasrudin hasan melepaskan keberangkatan pawai Lampion

BAGANSIAPIAPI,WAWASANRIAU.COM - Perayaan malam Cap Go Meh atau malam penutupan tahun baru Imlek 2568 di Bagansiapiapi, Rohil berlansung meriah, kemeriahan disertai dengan Festival Lampion yang diikuti sebanyak 19 peserta. Perayaan dipusatkan didepan Kelenteng Ing Hok King, Sabtu (11/2/2017) malam.

Bupati Rokan Hilir, H Suyatno saat menghadiri dan sekaligus melepas peserta pawai lampion mengucapkan selamat Tahun Baru Imlek yang beberapa hari lalu telah dilaksanakan.

“Jadi malam Cap Go Meh ini merupakan malam terakhir Imlek 2568 dan malam cari jodoh. Kalau muda-mudi yang belum dapat jodoh malam ini hingga subuh carilah jodoh,” kata Bupati Suyatno

Bupati menambahkan, festival lampion di malam Cap Go Meh ini setiap tahunnya dilaksanakan dan tiap tahun semakin meriah, kata Suyatno

Ia juga memberikan apresiasi dan ucapan terima kasihnya kepada tokoh Tionghoa, Sugianto (Raja Baut, red) yang telah membangun panggung hiburan malam Bakar Tongkang di Jalan Kelenteng, Bagansiapiapi.



“Mudah-mudahan bangunan ini selesai tepat waktu, karena nanti akan dihadiri puluhan ribu orang pada acara Ritual Bakar Tongkang Juni mendatang,” harapnya. Bupati malam itu juga menyumbang kepada pemenang Juara I festival lampion sebesar Rp3 juta, Juara II Rp2,5 juta dan Juara III Rp2 juta.

Ketua panitia acara, Rendy Gunawan mengatakan tujuan dilaksanakan festival lampion ini untuk mengembangkan budaya daerah. Karena itu ia mengajak kepada seluruh masyarakat Tionghoa untuk bersama-sama mendukung visi misi Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hilir, Pecaraan malam ini juga cukup meriah, apa lagi pelaksanaan ya bertepatan pada malam minggu.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Pemkab dan masyarakat Rohil atas dukungan yang telah diberikan sehingga acara pada malam ini berjalan sukses dan lancar,” ucapnya.

Festival lampion ini diikuti sebanyak 19 peserta. Tujuh peserta berasal dari setiap kelenteng yang menampilkan berbagai lampion raksasa menggambarkan seekor ayam sesuai dengan tahun Ayam Api bagi masayarakat Tionghoa. Sedangkan 12 peserta lainnya diikuti dari sejumlah sekolah menampilkan marching band dan tarian barongsai.

“Tahun Ayam Api membawa berkah dan rezeki bagi kami,” kata Kao Ping.



Terkait panggung hiburan malam Bakar Tongkang yang sedang dibangun, Kao Ping mengatakan sebelum Bakar Tongkang Juni mendatang sudah bisa digunakan.

“Selama ini kan acaranya ditengah jalan, dihadiri artis dan puluhan ribu orang. Makanya Raja Baut spesial membangun tempat acara itu,” katanya.

Acara turut dihadiri oleh Ketua DPRD Rohil H Nasrudin Hasan, Kapolres Rohil AKBP Hendry Posma Lubis, Kapolsek Bangko Kompol Agung Triadi, dan sejumlah pejabat dilingkungan Pemkab Rohil serta suku adat yang ada di Bagansiapiapi. (fie)


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar