Lancang Kuning

Bupati Rohil H.Suyatno Launching Kampung Tangguh Nusantara di Dusun Palm Jaya

BALAI JAYA, wawasanriau.com - Bupati Rokan Hilir (Rohil) H.Suyatno,Amp memberikan apresiasi kepada Polres Rokan Hilir yang telah melaksanakan program jaga kampung dan ketahanan pangan di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil). Hal ini sangat baik untuk menjaga ketahanan pangan masyarakat ditengah-tengah pandemi Covid 19. Demikian hal ini diungkap bupati Rohil H.Suyatno saat meresmikan launching kampung tangguh Nusantara gerakan jaga kampung di kawasan PT Salim Ivomas Pratama (SIP) tepatnya di Dusun Palm Jaya, Kepenghuluan Balam Jaya, Kecamatan Balai Jaya, Senin (20/07/2020).

Ikut Hadir saat itu, Kapolres Rohil, AKBP Nurhadi Ismanto SH Sik, Waka Polres Rokan Hilir, Kompol James IS Rajagukguk Sik, Dandim 0321/Rohil Letkol Arh Agung Rachman Wahyudi SIP,M.Pol, Kajari Rohil Gaos Wijaksono SH.MH, Ketua PN Simbolon SH MH, Camat Balai Jaya Samsuhir Spd, Camat Bagan Sinembah Sakinah SSTP Msi, Kapolsek Bagan Sinembah AKP Indra Lukman Prabowo SH Sik, Danramil 03/Bagansinembah Kapten Inf Y Mendrofa, para manager dan petinggi PT Salim Ivomas Pratama yang dipimpin oleh AMA II, Anang Wahyu Wibowo.

Selain launching kampung tangguh, orang nomor satu di Rohil dan rombongan juga melaksanakan peninjauan disejumlah lokasi, diantaranya sekolah, lahan pertanian dan peternakan di sekitar lokasi tersebut.

Kata bupati, diketahuinya bahwa program kapolda Riau ini serentak dilakukan di seluruh daerah. Lanjutnya mengatakan bahwa program ini sangat baik untuk menjaga ketahanan pangan.

"Kita ketahui bahwa virus covid-19 ini sangat panjang dan tidak tahu kapan akan berakhir. Jadi dengan adanya program ini tentu masalah krisis pangan dapat diantisipasi dengan adanya lahan pertanian, peternakan dan perikanan,"jelas Suyatno.

Bupati Rohil menegaskan pembuatan lahan ketahanan pangan jangan hanya dilakukan oleh perusahaan Ivomas saja, tetapi seluruh perusahaan yang ada di Rokan Hilir juga harus berbuat hal yang sama.

Sebelumnya Kapolres Rohil, AKBP Nurhadi Ismanto SH Sik menjelaskan bahwa Program jaga kampung ini didesain untuk menekan penyebaran corona virus disease 2019 (covid-19) dan mempertahankan ketahanan pangan di masing-masing wilayah hukum Polres Rohil.

"Lahan untuk pertanian yang digarap dalam rangka ketahanan pangan ditanami berbagai jenis tanaman Palawija. Ada juga lahan ketahanan pangan perikanan dan peternakan,"tegas Kapolres.

Lanjut Kapolres Rohil, selain jaga kampung di setiap kepenghuluan, di kawasan industri dan perusahaan juga didirikan.

"Ada yang di daerah kecamatan Kubu dan sekarang kita resmikan yang ada di PT Salim Ivomas Pratama,"tuturnya.

Dalam kesempatan ini, AKBP Nurhadi Ismanto,SH,SIK juga meminta kepada seluruh pihak agar dapat melaksanakan program jaga kampung sebagai langkah antisipasi pemerintah daerah dan pihak terkait guna menekan penularan dan penyebaran virus covid-19.

“Menjaga zona hijau ini memang susah, tapi jika dilakukan secara bersama-sama tentu akan mudah," ucap Kapolres Rohil ini. (gun)


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar