Lancang Kuning

Tanpa Membakar Tingkatkan Ketahanan Pangan Manfaatkan Lahan

KUBU BABUSALAM, wawasanriau.com – TNI dan Pemerintah Daerah Rokan Hilir (Rohil) memanfaatkan lahan kosong yang belum tergarap untuk meningkatkan ketahanan pangan daerah dalam menghadapi darurat pandemi covid 19. Pencanangan ketahanan pangan perdana di gerakkan di kecamatan Kubu Babusalam (Kuba), Jumat (29/05/2020). Tampak Bupati Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) H.Suyatno ikut menabur biji bibit jagung bersama Dandim 0321/Rohil Letkol arh Agung Rachman Wahyudi SIP,MIPol, Kadis Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura provinsi Riau H. Herman dan Kadis ketahanan pangan dan pertanian Rohil HM Rusli Syarief, Danramil 04/Kubu dan Camat. Biji jagung di tabur kedalam lubang yang telah di buat pada hamparan lahan didekat kantor camat Kubu Babusalam tersebut.

Dandim 0321/Rohil Letkol arh Agung Rachman Wahyudi,SIP,MIPol dalam kesempatan ini mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah khususnya bupati Rokan Hilir dan kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian Rohil karena terwujud jalinan kerjasama dengan TNI untuk meningkatkan ketahan pangan di wilayah Rokan Hilir. 

“Ini merupakan salah satu time plots uji coba  di wilayah Kubu dengan mencoba tanam jagung. Jika berhasil maka akan kita kembangkan. Dalam hal ini dibantu tenaga ahli khusus dari Dinas Kletahanan Pangan dan Pertanian Rohil. Untuk melaksanakan setiap tahun. Harapannya bisa berhasil,”ujarnya.

Jika wilayah kubu ini berhasil maka akan dikembangkan. Peningkatan ketahanan pangan ini juga telah dilakukan di wilayah lain yang pada intinya memanfaatkan lahan tidur yang selama ini tidak di garap.

“Dimasa pandemi Covid 19 ini memanfaatkan lahan tidur sehingga Rohil tidak ketergantungan pangan lagi dari daerah lain. Kita punya swasembada pangan sendiri. Diharapkan nanti setiap wilayah memiliki potensi masing-masing sesuai dengan kondisi dan struktur tanahnya.,”katanya.

Disebutnya, kerjasama ini juga telah dilaksanakan lahan pertanian menanam padi yang sudah digarap di daerah Pekaitan. 

“Dalam waktu dekat akan dibuka juga di kecamatan Bagansenembah Raya yang ada lahan 20 hektar dan daerah lainnya yang akan melakukan kerjasama dengan pemerintah daerah,”tuturnya.

Dikatakannya TNI siap membantu memanfaatkan lahan tidur pada lahan-lahan yang belun tergarap.

“Ini merupakan salah satu upaya kita secara sinergi bagaimana caranya merubah mainset masyarakat yang semula menanam dengan cara mnembakar sekarang digaungkan menanam dengan cara tidak membakar,”tuturnya.

Sementara itu Kadis ketahanan pangan Riau berterima kasih kepada bupati dan Dandim 0321 yang telah menanggapi surat gubri untuk memanfaatkan lahan lahan kosong pemerintah dan masyarakat.

“ini sudah ditanggapi oleh bupati. Tujuannya agar meningkatkan ketahanan pangan agar tidak tergantung dari daerah lain. Memang Riau hari ini mendatangkan pangan hampir seluruhnya dari luar. Kita hanya bisa mengcover hanya sebesar 3 persen. Hari ini menyerahkan bibit jagung kepada masyarakat. Kemudian juga membantu alat portdreiser kepada kecamatan Rimba Melintang dan bantuan irigasi. Rohil dapat bantuan 12 Milyar dari APBN,”tutur kadis ketahanan pangan Riau ini. (gun)


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar