Lancang Kuning

Warga Rohil Harus Biasakan Beraktifitas Sesuai Protokol Kesehatan

BAGANSIAPIAPI, wawasanriau.com  - Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) hingga saat ini masih zona hijau dalam arti zero kasus positif Corona virus disease 2019 atau Covid 19. Tadi pagi Wabup Rohil bersama forkopimda sedang mendengarkan teleconference dengan Gubri bersama bupati dan walikota se- provinsi Riau. Sesuai arahan presiden RI Joko Widodo akan ada tatanan baru, new normal life (tatanan kehidupan baru). Oleh karena itu, warga harus mempersiapkan diri jika dilaksanakan tatanan kehidupan baru di daerah Rokan Hilir. Demikian hal ini dijelaskan oleh juru bicara tanggap Covid 19 H.Ahmad Yusuf,S.Sos,MH yang didampingi kasubag DokPim Hasnul Yamin,SE di Media Center Gadung Datuk Batu Hampar Jalan Perwira Bagansiapiapi, Kamis (28/05/2020).

"Kita seluruh daerah disuruh memulai untuk mempersiapkan diri. Meskinpun berat bagi kita namun kita harus mempersiapkan diri,"katanya.

Hal ini dijelaskannya karena Covid 19 ini tidak diketahui hingga kapan masa berakhirnya. Oleh sebab itu warga harus mempersiapkan diri dengan tatanan kehidupan baru. Warga harus membiasakan diri untuk mendisiplinkan diri melakukan aktifitas sesuai protokol kesehatan.

"Dalam kehidupan baru ini kita tetap mempertahankan kebiasaan melaksanakan aktifitas kita sesuai protokol kesehatan yakni melaksanakan sosial distancing, physical distancing, selalu menjaga kebersihan lingkungan, menggunakan masker ketika keluar rumah, selalu mencuci tangan pada air mengalir ataupun membersihkan tangan menggunakan hand sanitazer,"ujarnya.

Dikatakannya, saat masa pandemi Covid 19 yang belum diketahui kapan berakhirnya masyarakat senantiasa mendisiplinkan diri menjalankan aktifitas sesuai protokol kesehatan agar dapat mencegah Covid 19.

"Meskinpun hingga hari ini belum ada instruksi untuk melaksanakan new normal life namun paling tidak warga sudah mempersiapkan diri. Dalam waktu dekat pemkab Rohil, forkopimda, gugus tugas akan melaksanakan rapat teknisnya,"tutur Ahmad Yusuf.

Dalam rapat tersebut akan dibeberkan bagaimana sosialisasi dan penerapanmya dilapangan.

"Aktifitas produktif tetap berjalan namun sesuai dengan protokol kesehatan. Kebiasaan ini memang cukup berat karena kita harus membiasakan untuk mendisiplinkan diri sesuai protokol kesehatan. Tentunya disiplin diri sendiri terlebih dahulu baru orang lain,"katanya.

Dikatakannya untuk menjalankan kehidupan new normal life tentunya kesiapan pemerintah daerah dan masyarakatnya. Oleh sebab itu, kata ia, Rokan Hilir hingga saat ini zona hijau sehingga ada usulan gubri agar Rohil sebagai  pilot projek new normal life. Meskinpun belum ada intruksinya maka mulai saat inj masyarakat harus lebih meningkatkan disiplin diri lagi sehingga tidak canggung ketika diterapkan tatanan kehidupan baru di daerah Rohil.

"Bagi warga yang belum membiasakan disiplin diri maka mulai saat ini kita mengajak agar memulainya dalam kehidupan sehari hari sesuai protokol kesehatan. Mari kita bersama sama warga dan pemerintah menjaga kondisi saat ini dengan meningkatkan lagi disiplin diri dan diiringi dengan doa,"pungkasnya. (Gun) 


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar