Lancang Kuning

3575 Penerima BLT Tahap Pertama Kecamatan Bangko di Kantor Pos Bagansiapiapi

BAGANSIAPIAPI,wawasaniau.com – Penyerahan Bantuan langsung Tunai (BLT) di laksanakan secara simbolis di kantor pos Jalan Perwira Bagansiapiapi, Senin (18/05/2020). Sebanyak 3575 KPM untuk kecamatan Bangko disalurkan mulai hari ini. Kemudian sebanyak 27.874 keluarga penerima manfaat (KPM) di Rokan Hilir menerima bantuan langsung tunai (BLT) dari kementerian Sosial RI ini. Tampak hadir saat penyerahan tersebut kepala kantor pos Bagansiapiapi Sandra, kapolsek Bangko Kompol Sasli Rais,SH, Asisten II Setdakab Rohil Rahmatul Zamri, Dandim 0321/Rohil Letkol (arh) Agung Rachman Wahyudi SIP,Mpol dan camat Bangko H. Rijalul Fikrie,SE serta keluarga penerima manfaat (KPM). Data penerima BLT merupakan data terpadu kesejahteraan sosial (DTKD) dari kementerian sosial RI.

Kepala kantor pos Bagansiapiapi, Sandra menjelaskan bahwa kementerian sosial RI telah menunjuk kantor pos sebagai instansi penyalur dana bantuan langsung tunai (BLT) untuk keluarga-keluarga berdampak covid 19 ditahun 2020 ini.

Dalam hal ini dia menyampaikan kepada bupati Rohil dalam hal ini Asissten II Setdakab Rohil bahwa untuk kabupaten Rohil kantor pos memiliki 5 (lima) kantor cabang dan masing-masing kantor cabang menyalurkan bantuan sesuai dengan wilayahnya masing-masing.

“Untuk kantor pos di Bagansiapiapi menyalurkan untuk 5 kecamatan diantaranya 3575 penerima untuk kecamatan Bangko. Sedangkan untuk keseluruhannya yakni 5 kecamatan sebanyak 7073 KPM itu yang kita bayarkan diantaranya untuk kecamatan Batu Hampar, kecamatan Rimba Melintang, kecamatan Pekaitan, Kecamatan Sinaboi, dan kecamatan Bangko,”tutur Sandra.

Dijelaskannya, pada hari minggu ( 17/05/2020) kemaren telah disalurkan kepada masyarakat di luar kecamatan Bangko sebanyak 2300 penerima. Dalam hal ini dikatakannya pada tahap pertama sudah selesai menyalurkan di luar kecamatan Bangko.

“Penyaluran tahap pertama sudah selesai disalurkan untuk kecamatan Batu Hampar, kecamatan Pekaitan, kecamatan Rimba Melintang dan kecamatan Sinaboi. Kecuali yang tersisa karena ada yang tidak datang disebabkan berhalangan,”jelasnya.

Sedangkan untuk wilayah kecamatan Bangko sudah dijadwalkan mulai hari ini Senin (18/05/2020) hingga hari Sabtu (21/05/2020) mendatang. Semaksimalnya penyaluran bantuan untuk tahap pertama ini bisa disalurkan kepada masyarakat sebelum hari Raya idul fitri nanti.

“Sekitar 3575 penerima lagi dari hari ini hingga Sabtu depan,”tuturnya.

Ditegaskannya kepada masyarakat sebagai keluarga penerima manfaat (KPM) jika tidak dapat membawa surat-surat lengkap maka kantor pos tidak dapat melayaninya. Karena dibutuhkan verifikasi data antara KK, KTP dan surat panggilan yang telah diberikan melalui ketua RT masing-masing.

Kemudian itu, sambungnya, jadwal sudah diinformasikan kepada camat Bangko ke datuk penghulu dan lurah. Sehingga dimohon kepada masyarakat agar datang sesuai jadwal yang telah ditentukan sehingga tidak terjadi penumpukan dan antrian yang panjang.

“Kita harapkan berjalan tertib dan lancar,”jelas Sandra memungkasinya.

Sementara itu, Kepala dinas Sosial Rokan Hilir (Rohil) dr Juneidi Saleh menjelaskan bahwa kabupetan Rokan Hilir telah meminta kepada kementerian sosial RI sebanyak dua puluh tujuh ribuan lebih keluarga penerima Manfaat (KPM) agar mendapat bantuan langsung tunai (BLT) tersebut.

“Sesuai yang kami minta ke Kementerian Sosial 27.874 KPM,”jelas Kadisos Rohil, dr Juneidi Saleh kepada journalis wawasanriau.com ketika di hubungi, Senin (18/05/2020). (gun)


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar