Lancang Kuning

Akibat Mobilitas Warga Balik Dari Pekanbaru Meningkat, ODP di Rohil Bertambah

BAGANSIAPIAPI, wawasanriau.com  -  Sehari sebelumnya kita telah berasumsi akan ada peningkatan jumlah ODP terkait dengan orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) yang ada di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil). Hal ini karena Pekanbaru sudah ditetapkan sebagai wilayah terjangkit atau daerah tranmisi lokal oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan RI. Oleh sebab itu, mobilitas warga Rohil pulang masih meningkat maka ketika kembali mereka tersebut diberikan status ODP. Demikian hal ini disampaikan oleh juru bicara tanggap Covid 19 Rohil H.Ahmad Yusuf didamping plt Kadiskominfotiks Hermanto S.Sos di  Gedung Datuk Batu Hampar Jalan Perwira Bagansiapiapi, Rabu (15/04/2020).

"Inilah konsekwensi banyaknya mobilitas warga ke Rohil sehingga ODP juga tentunya bertambah,"tuturnya.

Namun perlu di ingatkan bahwa ODP itu, kata ia, adalah orang dalam pemantauan oleh sebab itu jangan diartikan ODP dan PDP atau pasien dalam pengawasan sebagai orang yang terkonfirmasi positif Corona virus disease 2019 (Covid 19).

"Mereka hanya kita pantau karena mereka berasal ada riwayat perjalanan dari wilayah  terjangkit atau daerah tranmisi lokal,"katanya.

Lanjut dia, kalau bisa jangan ada warga Rohil bepergian ke Pekanbaru. Selain karena ada kebutuhan yang sangat mendesak atau ungent sekali. Karena jika pergi ke Pekanbaru dan balik ke Rohil maka akan menjadi status ODP atau orang dalam pantauan yang harus mengisolasi diri di rumah selama 14 hari sesuai protokol dari menteri kesehatan RI.

"Hari ini data yang masuk dari 20 Puskesmas di Rohil jumlah total komulatif ODP sejak awal hingga hari ini sebanyak 3403 orang. Diantaranya ODP habis masa pemantauan berjumlah 2274 orang dan ODP berjumlah 1129 orang,"jelasnya.

Berikut data 20 UPTD Puskesmas yang telah dirangkum pada hari ini, Rabu (15/04/2020) jam 14.30 wib diantaranya Puskesmas Bagansiapiapi 111 orang, kemudian Puskesmas Bagan Punak 47 orang,  Puskesmas Sinaboi 21 orang, Puskesmas Pedamaran 5 orang, Puskesmas Bantaian 10 orang, Puskesmas Rimba Melintang 77 orang, Puskesmas Bangko Kanan 109 orang, Puskesmas Bangko Jaya 30 orang, Puskesmas Tanah Putih 21 orang, Puskesmas Sedinginan 46 orang, Puskesmas Tanjung Medan 122 orang, Puskesmas Pujud 18 orang, Puskesmas Rantau Kopar 2 orang, Puskesmas Balai Jaya 127 orang, Puskesmas Bagan Batu 192 orang, Puskesmas Bortrem 64 orang, Puskesmas  Simpang Kanan 14 orang, Puskesmas Rantau Panjang Kiri 46 orang, Puskesmas  Teluk Merbau 38 orang dan Puskesmas Panipahan 29 orang. (Gun)


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar