Lancang Kuning

HM Rusli Syarief: Petani Pematang Sikek Dalam Setahun Dua Kali Tanam

RIMBA MELINTANG, wawasanriau.com - Kepala Dinas Ketahanan pangan dan pertanian kabupaten Rokan Hilir (ka DKPP Rohil) HM Rusli Syarief,S.Sos meninjau sawah petani padi yang hendak masa panen di kepenghuluan Pematang Sikek kecamatan Rimba Melintang, Selasa (17/03/2020). 

Dalam kesempatan ini HM Rusli Syarief juga meninjau pembangunan kilang padi bantuan dari pemerintah pusat untuk kelompok tani setempat.

Dijelaskan kepala DKPP Rohil ini, pemda melalui DKPP terus melakukan pembinaan di sektor pertanian, khususnya kepada para petani padi. 

Kata Ia, Kabupaten Rohil ini ada empat kecamatan yang unggul di bidang pertanian, diantaranya di kecamatan Sinaboi, kecamatan Kubu, kecamatan Kubu Babusalam, dan kecamatan Rimba Melintang.

"Rencana di tahun 2021 nanti akan kita bina dan di Pematang Sikek ini sebagai contohnya. Karena Pematang Sikek dalam waktu setahun bisa dua kali tanam,"tuturnya.

Dijelaskan HM Rusli Syarief, bahwa para petani padi jika dalam satu kali panen pada lahan satu hektar sudah menghasilkan 8 ton padi. Sehingga dalam waktu satu tahun para petani yang memiliki lahan sawah satu hektar bisa menghasilkan 16 ton padi.

Namun persoalannya, lanjut kepala dinas Ketahanan pangan dan pertanian Rohil ini menjelaskan, selama ini para petani banyak yang terbelenggu sistem ijon sehingga harga panen atau harga jual padi bisa dipermainkan oleh para tengkulak. 

"Masalah ini tentunya menjadi tanggung jawab pemerintah daerah. Oleh sebab itu saya akan laporkan masalah ini kepada pimpinan dengan harapan agar bisa mengayomi masyarakat petani,"pungkasnya. (Gun)


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar