Sosbud

Babinsa Bantu Petani Cabai Siram Tanaman dan Bersihkan Gulma

Rohil (wawasanRiau) -- Demplot merupakan karya nyata yang dilakukan Babinsa Koramil 05/Rimba Melintang Kopda Sugianto bersama petani  Miswardi yang saat ini menanam tanaman cabai merah di Dusun Balam Utara, Desa Bangko Bakti, Kecamatan Bangko Pusako, Rokan Hilir (Rohil).

"Ini adalah merupakan salah satu upaya dan contoh bagi masyarakat lain bahwa untuk menghindari terjadinya bencana kebakaran hutan dan lahan,"kata Danramil 05/RM Kapten Czi A Panjaitan melalui Batituud Pelda Samsul Azhar, Selasa (10/3/2020).

Sebab katanya, selama ini bencana kebakaran hutan terjadi karena adanya kesengajaan membakar untuk membuka lahan yang akan digunakan untuk kebun kelapa sawit.

"Memang tanaman cabai memerlukan perhatian dan perwatan yang ekstra, tetapi dengan perwatan tersebut tentu akan mendapatkan hasil yang maksimal karena lahan yang selalu bersih dan juga terhindar dari bencana kebakaran hutan dan lahan,"jelasnya.

Disamping sebagai pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari lanjutnya, hasil dari tanaman cabai tersebut, bapak Miswardi juga dapat membiayai kebutuhan sekolah anak-anak dan kebutuhan lainnya.

Adapun kendala yang dihadapi Miswardi saat ini yakni daun tanaman cabai keriting sehingga harus dilakukan penyiraman yang teratur saat turun hujan dan melakukan penyemprotan dengan pestisida. 

"Dengan penyemprotan dan penyiraman yang teratur daun cabai berangsur angsur kembali subur tidak keriting,"sebutnya.

Selain melakukan penyiraman dan penyemprotan, untuk menyuburkan tanaman dipakai perangsang buah, agar dapat merangsang bunga dan pembuahan sehingga menghasilkan cabai merah yang baik dan berkualitas.


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar