Lancang Kuning

Babinsa Dan Bhabinkamtibmas Laksanakan patroli Karlahut

Rohil (wawasanRiau) -- Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) memang menjadi momok yang sangat menakutkan di Riau salah satunya Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) bila telah memasuki musim kemarau.

Hal tersebut dikarenakan seringnya terjadi bencana kebakaran hutan dan lahan yang mengakibatkan buruknya  cuaca akibat dari asap kebakaran hutan dan lahan.

Untuk mencegah hal tersebut terulang kembali, Babinsa Koramil 05/Rimba Melintang Kopda Sugianto bersama Bhabinkamtibmas Polsek Bangko Pusako Aiptu Samsul dan Kadus Balam Selatan Sukino serta masyarakat melaksanakan patroli bersama di Desa Bangko Bakti Kecamatan Bangko Pusako.

Danramil 05/RM Kapten Czi A Panjaitan melalui Batituud Pelda Samsul Azhar mengatakan, Patroli kewilayah yang rawan sering terjadi bencana kebakaran hutan dan lahan adalah sasaran tim melaksanakan patroli.

Selain melaksanakan patroli lanjutnya, juga dilakukan sosialisasi kepada masyarakat yang sedang melaksanakan aktifitas ke kebun dan memancing agar hati-hati dalam membuang puntung rokok.

"Jangan sembarangan buang puntung rokok ke air dan meyakinkan bahwa api di rokok tersebut benar-benar padam,"pesan Babinsa Kepada masyarakat.

Sebab lanjutnya, kebakaran hutan dan lahan sering terjadi akibat kurangnya rasa sadar masyarakat untuk mencitai bumi sehingga mereka sering melakukan pembakaran dalam membuka lahan. 

"Mereka tidak tahu bahwa ekosistem juga akan rusak akibat polusi udara yang disebabkan oleh asap,"pungkasnya.

 


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar