Lancang Kuning

Musrenbang RKPD 2020 kecamatan Pekaitan: Anggota DPRD Rohil, Krismanto,

PEKAITAN, wawasanriau.com  - Musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) tahun 2020 tingkat  kecamatan Pekaitan sudah dilaksanakan pada Senin (10/02/2020) kemaren. Hadir saat itu dari Bappeda Rohil Joko Sulistiono, staf ahli Cicik Mawardi Athar, anggota DPRD Rohil diantaranya Krismanto, Ismaryanti dan Sunirah. Sedangkan dari disperindagsar ada Wan Dodi dan Desniar Handayani. Tampak juga kapolsek. Danramil, para penghulu dan tokoh agama.

Informasi yang diterima dan dihimpun journalis wawasanriau.com, selain usulan untuk OPD Rohil, ada sejumlah usulan dari pihak penghulu kepada dinas perindustrian, perdagangan dan pasar (Disperindagsar) Rohil.

Dijelaskan di halaman mediasosialnya, pada prinsipnya disperindagsar menampung semua aspirasi maupun usulan kegiatan dari Kecamatan Pekaitan. Karena kegiatan yang diusulkan tersebut masuk dalam Renstra Disperindagsar agar usulan atau kegiatan tersebut dapat diakomodir pada tahun 2021.

Lanjutnya menjelaskan, ada beberapa kelengkapan dokumen atau persyaratan yang harus dipenuhi yakni: (1) Proposal Usulan Kegiatan, (2) SK Kelompok Usaha Bersama (KUB) yang ditandatangani oleh Penghulu/Lurah/Kepala Desa atau SK PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat), (3) Potensi Bahan Baku dan SDA tempatan harus memadai dan potensial.

Sedangkan usulan dari kecamatan Pekaitan untuk disperindagsar Rohil diantaranya ada lima usulan yakni Pembangunan Pasar di Kepenghuluan Karya Mulyo Sari, Penimbunan Lahan Pasar di Kepenghuluan Karya Mulyo Sari, Pengadaan Perlengkapan Mesin Jahit Komplit di Kubu I, Pengadaan Perlengkapan Mesin Jahit dan Obras di Teluk Bano II dan Pengadaan Perlengkapan Mesin Jahit, Bordir dan Obras di Suak Temenggung. 

Namun dua usulan diantaranya yakni untuk usulan pembangunan pasar dan penimbunan lahan pasar di Kepenghuluan Karya Mulyo Sari sudah dimasukkan pada Rencana Kinerja dan Anggaran Tahun 2020 yang proses pembangunan akan segera dimulai sehingga sudah tidak perlu lagi diusulkan pada Musrenbang kecamatan ini.

Sementara itu, anggota DPRD Rohil Krismanto menjelaskan bahwa kegiatan Musrenbang kecamatan Pekaitan telah usai dilakasanakan. Kata ia, segala usulan dari kepenghuluan akan dirangkum untuk kemajuan daerah.

"Usulannya banyak,"jelasnya Krismanto kepada wawasanriau.com, Rabu (12/02/2020). (gun)


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar