Lancang Kuning

Bupati Rohil Bersama Forkopimda Pencet Bel Tahun 2571 Shio Tikus Logam Di Halaman Kelenteng

Bupati kabupaten Rokan Hilir (Rohil) H.Suyatno bersama forkopimda pencet bel tandai masuk imlek tahun 2571 shio tikus logam di kelenteng jalan perniagaan Bagansiapiapi, Jumat malam (24/01/2020)

BAGANSIAPIAPI, wawasanriau.com - Bupati Rokan Hilir (Rohil) H.Suyatno menghadiri perayaan malam Imlek 2571/ 2020 Masehi memasuki tahun shio tikus logam yang di gelar di halaman yayasan multy marga Tionghoa Indonesia jalan Aman Bagansiapiapi, Jumat malam (24/01/2020). Hadir saat itu mendampingi Bupati Rohil, ketua DPRD Rohil Maston, kepala imigrasi Agus, Kejari Rohil Gaos Wicaksono, Kapolres Rohil AKBP Muhammad Mustofa ,Sik,MSI, Kasdem mayor inf Sumarno, wakil ketua DPRD Basiran Nur Efendi, ketua multy marga Rendi Gunawan alias Kho Peng, sejumlah pejabat pimpinan tinggi prata OPD Rohil dan masyarakat Tionghoa serta masyarakat Melayu.

Bupati dan rombongan di arak ke sejumlah kelenteng. Saat di kelenteng jalan perniagaan bupati Rohil, ketua DPRD Rohil beserta forkopimda mencet bel tandai masuknya tahun 2571 shio tikus logam 

Ketua panitia perayaan tahun baru Imlek 2571, Rendi Gunawan menjelaskan bahwa sebelum perayaan Imlek, beberapa waktu lalu panitia pelaksana sudah melaksanakan bakti sosial dengan kegiatan pembagian sembako di panti asuhan putri dan dua pondok pesantren. 

"Bakti sosial dilaksanakan untuk meningkatkan kerukunan antar umat beragama,"katanya.

Dikatakannya, pada tanggal 6 dan 7 Pebruari nanti akan dilaksanakan pentas seni serta 8 Pebriuari 2020 mendatang merupakan puncak perayaan dengan melaksanakan pawai lampion di kota Bagansiapiapi.

"Kami mengucapkan terima kasih atas kehadirannya pada malam Imlek 2571 tahun 2020 pada malam hari ini,"katanya ketua multy marga Tionghoa ini.

Dalam kesempatan ini panitia mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah menjalankan tugas keamanan dan ketertiban perayaan Imlek diantaranya pihak kepolisian, satpol PP dnn dinas perhubungan serta masyarakat Bagansiapiapi sehingga dapat menjaga keamanan dan ketertiban sehingga keadaan kondusif.

Sementara itu, bupati kabupaten Rokan Hilir, H.Suyatno menjelaskan kota Bagansiapiapi saat ini sudah lebih meriah, apalagi saat ini lampion ada lampu yang warna warni. 

"Kepada masyarakat Rokan Hilir khususnya warga yang berketurunan Tionghoa, sekali lagi kami menyampaikan ucapan selamat merayakan imlek 2571 tahun 2020. Semoga kita saling bermaaf-maafan, kita saling menghargai suku dengan suku yang lainnya. Antara agama satu dengan agama yang lainnya. Inilah yang diharapkan oleh pemerintah daerah kerukunan antar umat beragama menjadi prioritas pertama di dalam pergaulan kita sehari hari,"ujar Suyatno.

Orang nomor satu di Rokan Hilir ini menjelaskan apapun kegiatannya yang dilaksanakan dibutuhkan keadaan aman, penuh dengan kedamaian dan keadaan kondusif.

Dijelaskan bupati kabupaten Rokan Hilir ini, bahwa perayaan malam cap go meh  yang lebih meriah. Karena saat itu warga Tionghoa yang merayakannya keluar rumah hingga sampai pagi.

"Malam itu warga Tionghoa tidak tidur, mereka melek terus matanya hingga pagi,"ujarnya.

Saat malam cap go meh itulah panitia mengundang pemerintah daerah. Pada malam tersebut menunjukkan kekompakan masyarakat Rokan Hilir, khususnya kota Bagansiapiapi.

"Malam tersebut ada hiburan dan pawai lampion dari semua kelenteng yang ada di kota Bagansiapiapi ini, seluruh marga tionghoa yang ada di kota Bagansiapiapi ini ikut sama sama memeriahkan malam tersebut,"kata Suyatno.

Dijelaskannya,  di situlah pertemuan antara bujangan dan gadis bertemu. Pada malam cap go meh  biasanya orang tua memperbolehkan anak anaknya begadang keluar rumah.

"Malam cap go meh tersebut istilahnya malam cari jodoh. Mudah-mudahan warga senantiasa selalu menjaga kota dalam keadaan kondusif,"tandasnya. (gun)


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar