Sosbud

Masyarakat Rohil : Program RLH Sudah Bagus Tapi Harus Juga Didukung Sektor Lain

M Nizar SE,MM saat bersama anggota PATRI dikecamatan Pekaitan beberapa waktu

WAWASANRIAU.com - Apresiasi kepada Pemkab Rohil yang telah memprogramkan rumah layak huni dan Restlemen bagi masyarakat miskin. Demikian hal itu disampaikan tokoh masyarakat Rohil, M Nizar SE,MM, kepada awak media, Rabu (21/01/2019).

"program rumah layak huni yang dibuat Pemkab sudah bagus, tapi juga harus didukung dengan sektor lain dari aspek ekonomi mereka. "katanya.

Lanjut dia, selain memberikan tempat tinggal yang layak pemkab juga harus memikirkan sektor mata pencaharian sebagai jalan keluarnya dari keterpurukan belenggu kemiskinan.

"Untuk itu sebagai masukan perlunya di ambil kebijakan, seperti kedepan hendaknya buat program semacam transmigrasi lokal. "ujar Nizar yang juga merupakan ketua DPC PATRI Kabupaten Rohil.

Tambahnya lagi, bahwa dengan cara mendata lahan tidur di tingkat kecamatan juga perlu dilakukan sehingga  jika terdapat lahan yang dimaksud bisa dibangun suatu kawasan semacam transmigrasi lokal dan hal itu dapat  dibangun dengan kerjasama lintas dinas, sesuai tugas dan fungsi SKPD. 

“kita ikut mendorong pihak pemda melalui Dinas terkait untuk tetap melaksanakan program tersebut, namun yang tak kalah penting semua itu tergantung penyelenggara daerahnya, antara Legislatif dan Eksekutifnya. "ujarnya.

Disebutkan Nizar, bahwa selama ini disetiap kecamatan boleh dikatakan masih ada lahan kosong yang bisa difungsikan meski tidak banyak.  

“Program seperti ini kan gak harus satu tempat. Desa mana yang masih punya lahan kosong laporkan ke Pemkab. Jika lahannya memang cukup di buat 5 unit jadilah, kalo di kumpulkan se Rohil banyak juga, "pungkasnya.


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar