SKPD

Sertijab, HM Rusli Syarief: Jangan Bekerja Hanya Katanya, Katanya

Seusai Sertijab HM Rusli Syarief dan isteri serta dr Isa dan isteri berfhoto bersama, Selasa (14/01/2020)

BAGANSIAPIAPI, wawasanriau.com - Setelah dilantik beberapa waktu lalu akhirnya Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian kabupaten Rokan Hilir (Rohil) melaksanakan serah terima jabatan (Sertijab) pejabat pimpinan tinggi Pratama dari pejabat lama dr Isa Ismaidi yang purna bhakti kepada pejabat baru HM Rusli Syarief,S.Sos yang digelar di halaman kantor Ketahanan Pangan dan Pertanian Rohil jalan Purna MTQ komplek perkantoran batu enam Bagansiapiapi, Selasa (14/01/2020). Hadir saat itu pejabat administrator, pengawas, pelaksana dan ASN dilingkungan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian.

Kepada wawasan Riau.com ketika ditemui seusai sertijab, HM Rusli Syarief menjelaskan setelah melaksanakan serah terima secara resmi maka dirinya terlebih dahulu akan mendata semua pegawai dan staff serta kepala bagian serta petugas lapangan. Selanjutnya dengan data yang diperoleh tersebut akan dipergunakan untuk melangkah program dan kegiatan mendatang.

"Target kita paling-paling pertama kali harus mendata. Kita bekerja itu harus berdasarkan data. Bagaimana kita mau bekerja jika tanpa data,"tegasnya.

Kata Rusli Syarief, dirinya saat berlangsungnya sertijab sudah menegaskan kepada bagian-bagian yang ada di Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian diantaranya bagian perkebunan, bagian ketahanan, bagian pangan, bagian pertanian dan bagian lainnya agar bekerja berdasarkan data.

"Jangan bekerja hanya katanya, katanya,"ungkap Rusli Syarief.

Kemudian itu, dia juga mewanti-wanti kepada ASN dilingkungannya agar jangan menceritakan kejelekan teman sekerja kepadanya. Begitu juga dia menegaskan agar jangan bekerja "angkat telor" karena hal ini yang tidak disukainya.

"Jika datang keruangan saya hanya menceritakan kejelekan temannya sekantor maka akan saya suruh keluar dari ruangan saya. Namun saya akan terima saran dan kritik demi ilmu untuk kemajuan bersama,"ujarnya.

Oleh sebab itu, lanjut Rusli Syarief mengatakan besok dirinya akan melaksanakan rapat tertutup bersama mereka agar menunjukkan data, program dan kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2020. Karena melaksanakan kegiatan tentunya sesuai dengan program yang telah di susun di APBD, karena anggaran sudah disahkan. Meskinpun demikian, kata Ia, khayalan dan impian untuk program sudah berada di benak dirinya. Karena hal tersebut sudah mendapat persetujuan Bupati Rokan Hilir H.Suyatno. 

Dijelaskannya, Dia berkeinginan untuk memanfaatkan lahan disamping kantor agar ditata rapi. Begitu juga lahan diseberang kantor dia berkeinginan untuk memanfaatkannya di bidang pertanian dan perkebunan sehingga menjadi wisata pertanian. Namun, kata Ia, tentunya menata ruangan-ruangan di lingkungan kantor terlebih dahulu.

"Besok semuanya rapat untuk mengetahui apa program 2020. Sedangkan khayalan program tadi itu kan belum bisa kita buat karena belum tentu ada duitnya,"ujarnya Rusli Syarief.

Jelasnya, kata Rusli Syarief, selama kepemimpinan dirinya di Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Rohil ini akan berfikir bagaimana menciptakan lumbung padi di daerah Rokan Hilir seperti di daerah Sinaboi, Rimba Melintang dan Pekaitan.

"Kita nanti coba diskusi sama bupati bagaimana kita membuat peraturan daerah tentang lumbung-lumbung padi itu, sehingga masyarakat tidak lagi bisa mengubah lahan sawah menjadi lahan perkebunan, itu target saya pertama,"jelasnya.

Sedangkan target yang kedua, lanjutnya mengatakan, dia akan mencoba menyatukan semua apartemen di satu lahan kawasan seperti yang ada di Bogor dimana di satu lahan atau kawasan disitu ada peternakan, ada perikanan dan  ada pembibitan.

"Harapan kita dengan itu maka kita dapat membantu masyarakat. Misalnya jika masyarakat perlu bibit rambutan, bibit ikan dan bibit ternak maka kita sudah ada produksi,"pungkasnya. (gun)


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar