Peristiwa

Mobilisasi Pencegahan Karlahut, Datuk Penghulu di Rohil Terima Bantuan Sepeda Motor

Rohil, wawasanRiau -- Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) serahkan bantuan kendraan operasional sepeda motor untuk pencegahan dan penanggulangan Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut) kepada 20 Datuk Penghulu dan satu unit untuk Kodim 0321/Rohil, Senin (30/12/2019).

Penyerahan kendaraan operasional yang di gelar dihalaman Makodim 0321/Rohil tersebut diaerahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati Rohil Drs Jamiluddin, Wakil Ketua DPRD Rohil Basiran Nur Efendi serta Dandim 0321/Rohil Letkol Arh Agung Rakhman Wahyudi.

Wabup Rohil dalam sambutannya mengatakan, penyerahan bantuan operasional sepeda motor ini merupakan berkat kerja sama tiga pilar yakni, Kodim, Polri dan Pemda.

"Kita sepakat untuk menanggulangi Karhutla maka di berikan kendaraan operasional kepada para Penghulu,"katanya.

Tiga pilar ini sebutnya, sangat penting untuk saling berkoordinasi dalam penanganan dan pencegahan terjadinya Karlahut diwilayah masing-masing.

"Kami berharap kepada datuk penghulu agar menggunakan dan memanfaatkan kendaraan operasional yang telah diberikan dengan baik dan senantiasa bersinergi mulai dari tingkat Kabupaten, Kecamatan hingga Kepenghuluan,"cakapnya.

Sementara itu, Dandim dalam sambutannya menyebutkan, pihaknya hanya menjembatani Pemerintah Daerah dalam penyerahan bantuan operasional sepeda motor yang sangat mendukung dalam upaya pencegahan Karlahut.

Sebab katanya, dari hasil evaluasi yang dilakukan, dalam upaya penanganan dan pencegahan Karlahut, mobilitas diwilayah sangat terbatas.

"Sebenarnya ini sudah tahap kedua, tahap pertama kemarin dilaksanakan di Mapolres ada 74 unit dan hari ini 21 unit. ini tahapan awal dari pemda dalam komitmen pencegahan dan penanganan karhutla,"katanya.

Untuk tahap berikutnya sebut Dandim, juga akan ada penyerahan bantuan operasional ke instansi vertikal berupa mobil patroli dan motor trail.

"Sehingga kita diharapkan tahun 2020 penanganan karhutla lebih cepat dengan kehadiran motor dan mobil patroli nanti mendukung tugas dalam penanganan Karlahut,"paparnya.

Kedepan tambahnya,  pihaknya juga akan terus melaksanakan sosialisasi berupa perubahan mindset kepada masyarakat terkait dengan pencegahan karhutla.

"Jadi kita nanti ada satu program yang kami tawarkan adalah penanaman tanpa bakar yang nanti kita bantu melalui tiga pilar di unsur desa dari mulai  penghulu, babinsa dan babinkamtibmas yang akan bekerja sama di lapangan untuk membuat project-project demplot yang disiapkan oleh masing masing wilayah,"pungkasnya.

 


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar