Lancang Kuning

Terbaik se Indonesia, Disdikbud Rohil Terima Reward dari Kemendikbud

Wan Rusli

WAWASANRIAU.com - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Rokan Hilir terima penghargaan dari Kemendikbud RI sebagai instansi dengan laporan DAK terbaik, terapi dan tercepat.

"Tahun 2019 DAK yang diterima Disdik itu diangka Rp 16.700.000.000 namun tahun 2020 kita berhasil mendapatkan kucuran dana dari pusat sebesar Rp 32 Miliar. Dimana Rp 5 Miliar kita dapatkan sebagai bonus karena di tingkat nasional kita menjadi instansi dengan laporan DAK terbaik terapi dan tercepat," ungkap Rusli. 

Rusli mengatakan, bonus tersebut diberikan dalam bentuk program pembangunan rumah dinas kepala sekolah lengkap dengan perabotannya.

"Ada 18 sekolah yang mendapatkan bantuan pembangunan rumah dinas kepala sekolah tersebut. Program ini khususnya untuk sekolah yang berada di pesisir. Dan itu semuanya dari pusat untuk datanya," ujarnya.

Peningkatan anggaran DAK di Disdikbud ini kata Rusli tak lepas dari kegigihan pihaknya untuk menertibkan data dapodik yang ada.

"Selama tiga tahun ini kami menertibkan data dapodik sekolah. Selama ini sekolah tidak serius dalam mengisi data yang ada, seperti kolom fasilitas yang diisi oleh operator sekolah. Mereka hanya mengejar akreditasi saja. Namun praktek di lapangan fasilitas nya tidak seperti yang dilaporkan. Ini lah yang menyebabkan kita pada tahun tahun yang lalu tidak bisa menerima DAK. Makanya selama tiga tahun terakhir kami merangkul semua operator agar mengisi dapodik ini sesuai dengan kenyataan di lapangan, agar fasilitas sekolah kita bisa diperbaiki dan memadai. Karena untuk anggaran Kabupaten, tidak mencukupi," paparnya. 

Untuk itu kata Rusli, agar DAK bisa di terima sekolah dan laporannya bisa sesuai dengan realisasi pihaknya pun membentuk tim pengawas.

"Agar laporan yang disampaikan sesuai faktanya, makanya kami bentuk tim pengawas. Jadi begitu ada laporan dari konsultan kita pastikan dulu apakah sesuai realisasi dilapangan atau tidak. Dan kita juga sudah bekerjasama dengan TP4D untuk mengawasi anggaran ini," tutupnya. (zmi)


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar