Lancang Kuning

HUT ke 19 Tiga Desa di Pujud, Kasang Bangsawan Gelar Festival Rebana

Kh Syafril SE, M.Si

WAWASANRIAU.com - Har Ulang Tahun (HUT) ke 19 Kepenghuluan Kasang Bangsawan, Kepenghuluan Sri Kayangan dan Kepenghuluan Sungai Pinang Kecamatan Pujud Kabupaten Rohil akan digelar festiva rebana terbuka untuk umum. 

"Kegiatan ini merupakan ungkapan rasa syukur kami serta melestarikan budaya melayu tentang musik islami. "kata Datuk Penghulu Kasang Bangsawan, Kh Syafril, SE.M.Si, Selasa (15/10/2019).

Puncak acara akan diadakan apel seluruh elemen masyarakat dan pihak sekolah baik itu tingkat SD dan SMP yang ada diwilayah Kepenghuluan Kasang Bangsawan.

Dijadwalakn setelah apel akan ada penampilan seni jawa berupa tari kuda lumping dan tarian siswa sekolah SD dan SMP. Lalu dilanjutkan dengan permainan rakyat berupa lari goni, tarik tambang, balon dangdut, panjat pinang.

Untuk jadwal akhirnya akan dilakukan perlombaan sampan tradisional, renang tradisional di sungai kasang bangsawan.

Akan dilaksanakan pada tnggal 17 sampai dengan tanggal 20 oktober 2019. Dipusatkan dugedung pertemuan Kepenghuluan Kasang Bangsawan sebagai tuan rumah.

Tambahnya lagi, selain untuk meningkatkan silaturahmi juga diharapkan dapat menjadi ikon tahunan selanjutnya ditahun -tahun yang akan datang. 

"Mari kita sama -sama pertahankan budaya musik melayu ini jangan sampai hilang ditelan masa apalagi dizaman now ini banyak musik melayu sudah berangsur hilang seperti gambus, berdah, berzanggi dan lain -lain lagi. "ucapnya. (zmi)


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar