Peristiwa

Dandim 0321 Rohil Pimpin Pemadaman Karlahut

Dandim 0321 Rohil saat memimpin pemadaman Karlahut

Rohil, wawasanriau -- Bencana Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut) hingga saat ini masih terus terjadi di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Rabu (11/9/2019).

Salah satu titik api di Rokan Hilir berada di Jalan Praka Wahyudi RT 05 RW 05 Dusun Mekar Mulia, Kepenghuluan Labuhan Tangga Besar, Kecamatan Bangko dengan titik koordinat N.2°4'49,971" E.100°54'14,59".

Dalam pemadaman di lokasi Karlahut ini, Dandim 0321 Rohil Letkol Inf Didik Efendi secara langsung memimpin pemadaman dan pendinginan. 

"Lahan yang terbakar kurang lebih 3 hektar, dalam pemadaman ini kita juga di bantu pihak Kepolisian, BPBD, Satpol PP serta masyarakat, "kata Dandim. 

Dandim menjelaskan, lahan yang terbakar merupakan lahan gambut, semak belukar dan kebun sawit masyarakat yang tidak terurus. Sementara pemilik lahan masih dalam penyelidikan. 

Berbagai kendala juga dihadapi tim dalam melaksanakan pemadaman. Dimana, lokasi kebakaran dari Koramil 05/Bangko diperkirakan sejauh 21 KM. 

"Lahan gambut, angin yang kencang dan sumber air air yang jauh dan kering juga menjadi hambatan dalam melakukan pemadaman, "sebutnya. 

Meski demikian tambah Dandim, pihaknya akan terus berupaya semaksimal mungkin dalam melakukan pemadaman hingga api benar-benar padam. 

Sementara itu, dari pantauan media ini, asap dari Karlahut di Bagansiapiapi masih tergolong pekat. Dari informasi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) buat Rohil, kwalitas udara masih dalam kategori tidak sehat. 

Penulis : sagala


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar