Sosbud

Terminal Bagansiapiapi Terbengkalai, Penghasilan Buruh Terancam

terminal bagansiapiapi

BAGANSIAPIAPI, Wawasanriau.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) dinilai tutup mata terhadap keberadaan terminal Sekapur Sirih yang ada di Kota Bagansiapiapi, Kecamatan Bangko, sehingga terminal tersebut terbengkalai.

Pasalnya, banyak pengusaha travel  maupun bus yang menaikkan dan menurunkan penumpangnya di luar terminal. Para pengusaha travel, lebih memilih menurunkan penumpangnya di loket masing-masing di dalam kota Bagansiapiapi.

Hal ini menjadi sorotan bagi puluhan buruh yang biasa bekerja di terminal Sekapur Sirih itu. Efeknya, penghasilan buruh menjadi berkurang karena tidak ada bongkar muat barang yang mereka lakukan lagi.

Maruli, salah seorang buruh harian di terminal itu menuturkan, pihak Dishub Rohil tidak mampu mengendalikan travel yang beroperasi masuk ke Bagansiapiapi. Terminal pun setiap hari menjadi sepi.

Seharusnya menurut dia, Dishub mempunyai kewenangan untuk menertibkan travel yang tidak mau menaikkan dan menurunkan penumpangnya di luar terminal. "Pemerintah tidak pernah perduli sama buruh di sini. Travel dibiarkan bebas masuk dalam kota, penghasilan buruh jadi menurun," ujarnya.

Hal senada juga dilontarkan buruh terminal lainnya, Johan. Dia menyebutkan, permasalahan ini sudah lama disampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Rohil dan DPRD agar Dishub segera menyelesaikannya. Namun, hingga sekarang pemerintah belum juga memberikan solusi.

"Lotih kami dah menyampaikan masalah iko ke Dishub, tapi tak pornah ado jawaban," ucap Jhon dengan mengunakan bahasa daerah.(red/01)


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar