Peristiwa

Koramil 05/RM Berjibaku Padamkan Api

Jajaran Koramil 05 rimba melintang saat berjibaku padamkan api

Rohil, wawasanriau -- Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut) kembali melanda berbagai wilayah di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil). Bahkan dari dari pantauan BMKG Provinsi Riau, Rohil memiliki titik api terbanyak se Riau. 

Salah satu titik api berada di Kepenghuluan Sei Manasib, Kecamatan Bangko Pusako. Dalam mengatasi bencana kebakaran tersebut, Koramil 05 Rimba Melintang, Kodim 0321/Rohil langsung turun kelokasi guna melakukan pemadaman. 

Dipimpin Sertu Adi Asmaja, lima personil Koramil 05/RM serta dibantu pihak Kepolisian, pihak aparat Desa dan masyarakat setempat terjun kelokasi dan berjibaku memadamkan api. 

"Kebakaran sudah terjadi sejak sore kemaren, hari ini merupakan lanjutan pemadaman, "kata Danramil 05/RM saat dikonfirmasi melalui Batituud Pelda Samsul Azhar, Senin (2/9/2019).

Kebun yang terbakar sebutnya, merupakan lahan sawit seluas 2 hektar milik RS Sianturi warga Balam, KM 27, Kecamatan Balai Jaya. 

Kondisi lahan yang bergambut lanjutnya, menyebabkan api cepat menjalar dan sulit dipadamkan. Selain itu, kondisi cuaca panas dan angin kencang juga menjadi hambatan dalam pemadaman. 

"Tiupan angin yang kencang dan asap yang tebal yang mebuat napas sesak menjadi salah satu faktor penghambat bagi tim untuk melaksanakan pemadaman,"katanya.

Selain itu katanya lagi, lokasi pemadaan juga cukup jauh dan tidak dapat dilalui kendaraan. Sehingga, segala peralatan harus dibawa berjalan kaki. 

Penulis : sagala


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar