Sosbud

Semenisasi Kampung Aman Buka Akses Petani Keladi

Pembangunan semenisasi jalan di kampung aman kecamatan Sinaboi

Rohil (wawasanriau) - Pembangunan semenisasi jalan di sejumlah titik sasaran kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 105 tahun 2019 sangat dirasakan akan manfaatnya. Terutama mampu membuka aksea bagi petani keladi di Kecamatan Sinaboi. 

Salah satu petani di Kampung Aman, Warsito mengungkapkan bahwa akses yang selama ini ditempuh masyarakat petani khususnya keladi dan lainnya merupakan jalan tanah. Yang kondisinya becek dan sulit dilewati kala hujan turun cukup deras. 

"Kalau sudah hujan turun alamat keladi sulit keluar. Biasanya kami siasati menggunakan sampan motor (pompong). Alhamdulillah dengan adanya kegiatan pak TNI ini kami sangat terbantu nantinya saat mengeluarkan hasil panen," kata Warsito, Jumat (12/7/2019).

Terpisah, Pasi Intel Kodim 0321 Rohil Lettu Efri Hardi Nasution mengatakan, memang tujuan dari program TMMD adalah menyasar wilayah pedesaan yang dikira sangat minim pembangunan. Atau bahkan yang kondisi akses transportasinya cukup sulit dilalui. 

Sasaran pembangunan TMMD tahun ini, kata Efri, ada sebanyak enam kegiatan, diantaranya satu titik di Kecamatan Bangko dan lima lagi di Kecamatan Sinaboi. 

Masih kata Pasi Intel, dengan pembangunan TMMD ini mampu memberikan semangat petani dalam menggali potensi pertanian yang ada. Terkhusus di wilayah Sinaboi, memang saat ini menunjukkan potensi keladi ungu dan juga kencur yang luar biasa. 

"Di sana (Sinaboi) itu masyarakatnya banyak petani. Petani keladi dan kencur, ada juga palawija serta pertanian padi. Semoga apa yang dibangun untuk masyarakat petani di sana dapat mempermudah aktifitas masyarakat dalam mengeluarkan hasil panen," pungkasnya.


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar