Lancang Kuning

Sebelum Diberangkatkan, 268 Jamaah Haji Rohil Jalani Manasik Terahir

268 Jamaah haji rohil ikuti manasik haji

Rohil (wawasanriau) -- Sebanyak 268 jamaah haji asal Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) akan di berangkatkan dengan dua kelompok berbeda. Kloter pertama akan di berangkatkan pada tanggal 10 Juli, sementara kelompok ke dua pada 12 Juli 2019 mendatang. 

Sebelum keberangkatan jamaah haji tersebut, Kementrian Agama (Kemenag) Rohil melaksanakan bimbingan manasik haji terakhir guna mematangkan para jamaah, Sabtu (29/6/2019) di Gedung Misran Rais, Bagansiapiapi. 

Kakan Kemenag Rohil Agustiar menyebutkan, bila merujuk pada undang-undang nomor 8 tahun 2019 tentang pengelolaan Haji dan umrah, ada tiga kewajiban dari Kementerian Agama terhadap calon jemaah haji.

"Yang pertama adalah pembinaan, yang kedua pelayanan dan perlindungan, hari ini kita melaksanakan yang ke tiga yaitu pembinaan,"katanya.

Sebelum manasik haji yang terakhir lanjutnya, pembinaan dilakukan melalui kegiatan manasik haji ditingkat Kecamatan sebanyak 8 kali pertemuan dan di Kabupaten sebanyak dua kali pertemuan.
 
"Jadi hari ini pemantapan evaluasi para jamaah, sehingga kita bisa mengetahui apa yang masih kurang sehingga mereka betul-betul siap untuk diberangkatkan,"paparnya. 

Selain itu kata Agustiar, pihaknya juga menyampaikan adanya perubahan keberangkatan jamaah. Dimana, sebelumnya jamaah haji Rohil kelompok pertama akan diberangkatkan pada tanggal 12 juli  namun memiliki perubahan menjadi tanggal 10 juli 2019.

"Demikian juga kelompok ke dua yang sebelumnya di jadwalkan pada tanggal 25 menjadi tanggal 22 juli,"paparnya. 

Untuk kelompok pertama tambahnya, akan memberangkatkan sebanyak 231 jamaah, sementara kelompok ke dua sebanyak 37 jamaah. 

Selain memberikan bimbingan manasik terahir kata Agustiar lagi, juga dilaksanakan penyerahan peralatan seperti koper dan baju haji kepada para jamaah. 

Tahun ini, ucap Agustiar, merupakan tahun pertama pemberangkatan jamaah calon haji Riau melalui Embarkasi Antara Kota Pekanbaru. Jamaah haji Rohil, sebutnya, berangkat menunaikan nibadah haji tanpa bermalam lagi di Asrama Haji Embarkasi Batam Centre.

Penulis : sagala
Editor    : WR2/zmi


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar