Bekerjasama Dengan Baznas

Polres Inhu Salurkan Zakat Profesi Kepada 30 Mustahiq

Polres indragiri hulu salurkan zakat profesi kepada mustahaq

WawasanRiau, Rengat - Polres Indragiri Hulu bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) untuk mengumpulkan zakat pendapatan personil kepolisian dan ASN di jajarannya. Selanjutnya, zakat yang terkumpul itu akan langsung disaluran kepada masyarakat yang berhak menerima. 

Kapolres AKBP Dasmin Ginting SIK melalui Paur Humas Aipda Misran menjelaskan, pengumpulan zakat tersebut merupakan kegiatan rutin setiap bulan dan tentunya kewajiban setiap umat muslim. 

"Dari pendapatan setiap bulannya akan disisihkan zakat 2,5 persen dan langsung disetorkan ke Baznas," kata Misran. 

Pengumpulan zakat sebutnya, dikoordinir Kabagren Kompol Sangkut Suryadi Ningrat. Dimana pada bulan Ramadan ini, sudah disalurkan zakat kepada 30 orang Mustahiq (yang berhak menerima) yang tersebar di 10 Polsek yang ada di Inhu dengan total Rp.9 juta.  

Misran juga menjelaskan, dalam penyaluran zakat yang sangat berperan aktif dalam mengumpulkan data Mustahiq adalah Bhabinkamtibmas dan mengusulkan nama keluarga yang berhak mendapatkannya kepada Polres/Bhabin. 

"Dari Bhabin akan didapat data, siapa saja masyarakat yang berhak menerima penyaluran zakat dari para Personil Polri tersebut," ujarnya. 

Ia tambahkan, pengumpulan zakat ini bertujuan untuk membantu dan mengurangi beban masyarakat serta mendekatkan dan mempererat silaturahmi antara kepolisian dengan masyarakat.

"Ada dua kewajiban di negara ini, yakni pajak dan zakat. Hanya saja, orang cenderung lebih takut bayar pajak dari pada bayar zakat. Makanya perlu menggandeng Baznas agar pengumpulkan bisa berjalan sesuai kewajiban dan disalurkan tepat sasaran,"pungkasnya. 

Penulis : MS
Editor    : zmi


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar