Ekonomi

Mulai Bisa Ditukar, BI Siapkan Rp5 Triliuan Recehan Lebaran

PEKANBARU - Mulai Kamis (9/5/19) kemarin lusa, Bank Indonesia sudah mulai membuka penukaran uang lebaran. Pada tanggal 9 Mei 2019 penukaran uang kertas baru dapat dilakukan di Pasar Pagi Arengka. Dilaksanakan olah Bank Mandiri dan Bank BNI.

Tanggal 13 Mei 2019 di Pasar Sail, dilaksanakan oleh Bank BRI dan Bank Riau Kepri, dan Penukaran bersama di halaman Kantor Gubernur Riau pada tanggal 20-25 Mei 2019.

"Untuk jam penukaran dimulai dari pukul 9.00 WIB sampai 12.00 WIB setiap jadwalnnya," ungkap Manajer Fungsi Koordinasi dan Komunikasi Kebijakan BI Riau, Murdianto.

BI Riau juga mempersiapkan kas keliling luar kota. Hal ini dilakukan guna memperdekat jangkauan masyarakat di daerah yang ingin menukar uang kertas lama dengan uang kertas baru.

Untuk kas keliling ini, dimulai tanggal 7-10 Mei 2019 di Bengkalis, dan 14-17 Mei 2019 di Rokan Hilir.

"BI tahun ini tidak melayani penukaran di kantor, karena kita fokuskan ke bank dan penukaran bersama di halaman kantor gubernur. Penukaran untuk semua nominal," terangnya. 

BI Riau Siapkan Rp 5 Triliun Untuk Penukaran

Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Wilayah Riau, telah mempersiapkan total Rp. 5 triliun atau naik Rp 300 miliar uang baru yang bisa ditukarkan masyarakat selama bulan ramadhan. 

" Bagi masyarakat, penukaran sudah dimulai sejak awal ramadhan hingga jelang akhir ramadhan," terang Murdianto. 

Dari beberapa tahun terakhir, tambahnya, animo masyarakat dalam menukar uang baru sangat tinggi. Bahkan pihak BI Riau harus membatasi jumlah penukar perharinya, sehingga pelayanan dapat berjalan maksimal.

"Dari pengalaman tersebut, maka tahun ini kita perluas, baik dari segi lokasi maupun periode penukaran juga lebih lama. Bahkan di kantor Gubernur kita buka layanan sampai 6 hari, tahun sebelumnya cuma 4 hari," katanya.(rtc/H-we)


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar