Politik

Debat Capres Cawapres Pamungkas, Apa Saja Jurus 01 dan 02?

JAKARTA - Pencoblosan untuk pemilihan calon presiden dan calon wakil presiden akan dilaksanakan pada 17 April mendatang.

Kedua pasangan calon kembali dipertemukan dalam ajang adu gagasan di debat kelima.

Debat pamungkas yang mempertemukan Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno akan digelar di Sultan Hotel, Jakarta Pusat, 13 April 2019. Debat akan mengangkat tema Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial, Keuangan, dan Investasi, serta Perdagangan dan Industri.

Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, TB Ace Hasan Syadzily mengungkapkan, tak ada persiapan khusus yang dilakukan Jokowi dan Ma'ruf Amin dalam menghadapi debat besok.

Ace yakin, Jokowi sudah menguasai materi debat yang mengangkat tema Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial, Keuangan, dan Investasi, serta Perdagangan dan Industri.

"Karena pak Jokowi sudah sangat siap dengan berbagai isu terutama isu ekonomi, kesejahteraan rakyat, industri. Isu itu kan sebetulnya sudah banyak menunjukkan prestasi-prestasi yang membanggakan," ungkap Ace.

Menurut Ace, selama 4,5 tahun, Jokowi mampu mempertahankan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Meski tidak besar, namun angka pertumbuhan itu stabil daripada negara-negara lainnya. Apalagi, saat ini sejumlah negara khususnya di ASEANÂ terdampak perang dagang antara Amerika Serikat dan China.

"Saya rasa itu luar biasa ya. Pertumbuhan ekonomi sangat baik saya rasa, di mana negara-negara lain juga tidak dapat mempertahankan pertumbuhan ekonomi seperti itu," kata Ace.

Ace menambahkan, Jokowi juga mampu menjaga inflasi di bawah 2 persen selama masa pemerintahannya. Alhasil, harga kebutuhan pokok stabil dan mempertahankan daya beli masyarakat.

"Sehingga ketimpangan kita perlahan-perlahan menunjukan aspek pemerataan. Hal-hal semacam ini kan tentu sudah dikuasai oleh Pak Jokowi," tambah Ace.

Selain itu, Ace juga mengaku tak ada strategi khusus yang disiapkan Jokowi dalam debat nanti. Ia berpendapat, Jokowi dan Ma'ruf akan menyampaikan data, fakta, serta capaian pemerintah. Ace malah mempertanyakan visi-misi Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di sektor ekonomi.

"Misalnya jika selama ini retorika politiknya yang akan menaikkan pertumbuhan ekonomi menjadi misalnya 6-7 persen, kan caranya gimana. Itu kan yang harus dijawab. Selama ini kan kubu Prabowo tidak bisa menyampaikan secara lebih solutif, caranya seperti apa," kata Ace.

Di pihak lain, Juru Bicara Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Andre Rosiade menyampaikan, tema debat kelima yang mengangkat masalah perekonomian bukanlah hal baru bagi capres cawapres yang didukungnya.

Prabowo-Sandi sudah menguasai persoalan ekonomi yang terjadi saat ini. Apalagi, selama massa kampanye paslon nomor urut 02 ini selalu menyampaikan visi-misi di bidang ekonomi hingga industri.

"Jadi insyaallah secara materi sudah oke, enggak ada masalah. Besok gas pol," ungkap Andre kepada pers.

Andre mengatakan, Prabowo-Sandi akan menawarkan perbaikan di sektor ekonomi. Mulai dari meningkatkan pertumbuhan ekonomi sampai memangkas utang luar negeri.

"Kami akan mewujudkan pertumbuhan ekonomi 7 sampai 8 persen. Kubu 01 cetak utang lebih Rp 1 triliun per hari. Kami akan kejar kebocoran pendapatan dan pengeluaran sekitar Rp 2.500 triliun per tahun. Nah itu bedanya," kata Andre.

Selain itu, Prabowo-Sandi akan menawarkan peningkatan daya beli masyarakat. Lebih tepatnya, Andre menambahkan Prabowo-Sandi akan menurunkan harga kebutuhan pokok. Sehingga lebih mudah dijangkau masyarkat.

"Kami akan turunkan harga-harga. Agar per keluarga hemat Rp 50 ribu per hari atau Rp 1,5 juta per bulan atau Rp 18 juta per tahun," ucap Andre.

Sementara Andre mengungkapkan, Sandiaga sudah menyiapkan skema untuk memudahkan investasi di Indonesia. Tujuannya, tercipta iklim investasi yang baik bagi investor dalam negeri maupun luar negeri.

"Itu tugas cawapres kita, supaya luar biasa investasi datang," ungkap Andre.

Meski banyak mengkritik kebijakan dan capaian pemerintah di bidang ekonomi, namun Andre memastikan, bahwa Prabowo-Sandi tidak akan menerapkan strategi menyerang dalam debat pamungkas besok.

Menurut Andre, Prabowo-Sandi akan berbicara tentang program positif yang ditawarkan kepada masyarakat.

"Ya kita akan bicara fokus saja soal program positif kita. Ya Pak Prabowo akan tampil apa adanya," kata Andre.

Sumber Liputan6


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar