Sosbud

BKSD Riau Terima Buaya Muara Sepanjang 1,3 Meter dari Warga

PEKANBARU (WAWASANRIAU.COM) - Usai menerima buaya muara dari warga, BKSDA Riau menitipkan buaya tersebut ke Kasang Kulim. Di Kasang Kulim, buaya akan dilakukan pemulihan.

Hal itu diungkapkan Humas BBKSDA Riau, Dian Indriati, Jum'at (12/4/19). Menurutnya, Buaya Muara, dengan panjang kurang lebih 1,3 meter dan usia diperkirakan 2,5 tahun memerlukan pemulihan kondisi.

"Call center Balai Besar KSDA Riau pada 10 April 2019 pukul. 17.00 WIB menerima informasi dari Kasi Rescue Damkar Pekanbaru, Ibas Sembiring. bahwa ada masyarakat yang menangkap Buaya di sungai Siak. Warga akan menyerahkan satwa tersebut ke kantor Damkar Pekanbaru," terang Dian. 

Atas perintah pimpinan, Tim Rescue segera merespon dengan melakukan penjemputan satwa di kantor Damkar Pekanbaru. Kondisi satwa saat itu masih terikat dan ditutupi kain pada bagian kepalanya. 

Sekitar pukul. 22.00 WIB satwa tiba di kandang transit Balai Besar KSDA Riau dan segera dilepaskan dari ikatannya serta dilakukan cek kesehatan oleh dokter hewan. 

Buaya tersebut adalah jenis Buaya Muara, dengan panjang kurang lebih 1,3 meter dan usia diperkirakan 2,5 tahun dengan kondisi yang masih memerlukan pemulihan. 

"Sehubungan dengan keterbatasan sarana dan prasarana untuk Buaya di kandang transit Balai Besar KSDA Riau, maka satwa tersebut sementara dititipkan sementara di LK Kasang Kulim untuk proses pemulihan," kata Dian. (rtc) 


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar