Lancang Kuning

Plt Sekda Rohil Buka Orientasi Penguatan Kelembagaan Desa

Plt Sekda Rohil, Surya Arfan saat memberikan kata sambutan

BAGANSIAPIAPI, Wawasanriau.com - Plt Sekda Rohi Surya Arfan membuka secara resmi Orientasi Penguatan Kelembagaan Desa dan Perencanaan Pembangunan Desa se-Rokan Hilir. Narasumber, Direktur IPDN Kampus Riau di Rokan Hilir, Prof. Dr. Muh Ilham, M.Si.

Pembukaan dilakukan, Senin (14/9/15) di gedung serbaguna Bagansiapiapi, diikuti 371 peserta (Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) se-Rohil, 193 orang dan Kaur Pembangunan Kepenghuluan, 178 orang, red).

Dalam pengarahannya, Plt Sekda Surya Arfan menyatakan, saat ini Ketua LPM di Rohil 80 persen masih muda dan sudah tamat SLTA, namun ketika tahun 2000-2006, tua-tua dan kebanyakan tidak tamat SD.

Sehingga, dengan peningkatan sumber daya itu, ditambah orientasi, kualitas sumber daya aparatur desa akan lebih baik, terutama dalam merencanakan pembangunan desa, baik jangka menengah maupun setiap tahunnya.

Sebelumnya, Jasrianto, Kepala Bagian Pemerintahan Desa, Setda melaporkan, LPM dibentuk masyarakat, menjadi mitra pemerintah, memerlukan sumber daya aparatur dalam merencanakan pembangunan, baik jangka menengah (RPJM, 6 tahun, red) dan Rencana Kerja Kepenghuluan (1 tahun).

Makanya, dengan orientasi ini, bisa bermanfaat, memberikan edukasi dan pemahaman kepada aparatur dalam merencanakan pembangunan, sehingga bisa tertib administrasi kepenghuluan untuk jangka waktu 6 tahun.

Narasumber, berasal dari Diretkur IPDN Kampus Riau di Rokan Hilir, Prof Dr Muh Ilham, M.Si, Dosen IPDN (Ardiansyah, red), Asisten I, dinas/badan teknis, waktu pelaksanaan 13-15 September 2015, pendanaan melalui APBD Rokan HIlir 2015.***(adv/humas)


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar